Social Distancing, Jumlah dan Frekuensi Transjakarta Ditambah 2X Lipat

Social Distancing, Jumlah dan Frekuensi Transjakarta Ditambah 2X Lipat
Antrean panjang terlihat di Terminal Bus Kalideres, akibat pembatasan jumlah bus Transjakarta yang beroperasi, Senin (16/3/2020) pagi. (Foto: Beritasatu.com / Aulia Safira )
Hotman Siregar / DAS Selasa, 17 Maret 2020 | 10:33 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Untuk tetap memberikan pelayanan maksimal, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan menambah jam operasional dan rute mulai hari ini, Selasa (17/3). Transjakarta mengoperasikan 123 rute mulai pukul 05.00-22.00 WIB untuk layanan reguler, dan menjalankan 11 rute Layanan Angkutan Malam Hari (Amari) mulai pukul 22.00-05.00 WIB.

Hal itu dikatakan  Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta, Nadia Diposanjoyo, Selasa (17/3) pagi.

Nadia menyebut, jumlah rute yang beroperasi akan mengalami penyesuaian dengan rincian 15 rute bus rapid transit (BRT) dalam koridor, 25 rute angkutan umum terintegrasi di dalam kota, empat rute RoyalTrans, 10 rute Transjabodetabek, dan 69 rute Mikrotrans.

"Penyesuaian rute tersebut diperlukan untuk membuat social distancing di dalam bus Transjakarta," kata Nadia.

Kapasitas angkut tiap bus yang beroperasi hingga 14 hari ke depan adalah 60 penumpang untuk bus gandeng, 30 penumpang untuk bus besar,15 penumpang untuk bus sedang dan Royaltrans serta enam penumpang untuk Mikrotrans.

Untuk memastikan social distancing terjaga, dan mencegah penumpukan terlalu lama di halte, frekuensi dan jumlah bus yang beroperasi di tiap rute akan ditingkatkan hingga dua kali lipat dari frekuensi normal. Sehingga jumlah pelanggan yang naik di dalam satu bus dapat dikurangi.

Nadia berharap, pengguna angkutan bersabar mengantre di luar halte untuk menghindari desak-desakan baik di halte atau di dalam bus. "Mulai hari ini akan diterapkan kebijakan untuk menjaga jarak aman antarpelanggan dengan jarak 1 lengan. Diharapkan dengan jarak antarpelanggan yang diatur, penyebaran Covid-19 dapat diminimalkan," tuturnya.

Petugas Transjakarta akan membantu mengarahkan pelanggan agar semuanya bisa berjalan dengan baik dan memberikan kenyaman dan keamanan bagi pelanggan.

"Transjakarta menghimbau masyarakat untuk tetap membatasi perjalanan yang benar-benar diperlukan, selalu jaga kesehatan dan ikuti arahan petugas saat menggunakan layanan Transjakarta," katanya.



Sumber: BeritaSatu.com