Penerapan Social Distancing, Penumpang MRT Turun 69%

Penerapan Social Distancing, Penumpang MRT Turun 69%
Petugas MRT Jakarta Stasiun Lebak Bulus periksa suhu badan penumpang, Jakarta, Kamis 5 Maret 2020. Aktivitas ini sebagai antisipasi cegah Virus Corona. (Foto: BeritaSatu Photo / Emral Firdiansyah)
Hotman Siregar / FER Rabu, 18 Maret 2020 | 18:34 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah telah memberikan arahan kepada seluruh masyarakat untuk mulai menerapkan kebijakan social distancing atau menjaga jarak sosial dalam kegiatan sehari-hari, sebagai tindakan pencegahan penyebaran virus corona atau covid-19.

Sejalan dengan arahan tersebut, PT MRT Jakarta menerapkan social distancing di lingkungan stasiun dan kereta MRT Jakarta yang telah efektif diberlakukan mulai Selasa (17/3) kemarin.

Penerapan social distancing telah dilakukan mulai dari antre masuk stasiun, saat tap in atau tap out, saat antre di peron, hingga di dalam Ratangga.

Baca Juga: MRT Jakarta Siapkan Antisipasi Penyebaran Virus Corona

Dampak penerapan social distancing ini dirasakan cukup efektif, dimana terlihat dari penurunan jumlah penumpang harian MRT Jakarta.

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda), William Sabandar, mengatakan berdasarkan data, rata-rata jumlah penumpang pada saat weekdays mencapai 100.000 penumpang.

Jika dibandingkan, Selasa (17/3/2020), jumlah penumpang hanya sekitar 31.000 penumpang. Artinya, terjadi penurunan jumlah penumpang sebesar 69 persen dari jumlah rata-rata harian.

"Dalam beberapa hari ke depan, diperkirakan jumlah penumpang akan semakin menurun seiring dengan semakin banyaknya kantor-kantor yang menerapkan work from home," kata William dalam keterangan persnya, Rabu (18/3/2020).

Baca Juga: Pemerintah Minta Patuhi Protokol Transportasi Publik

William berharap, masyarakat dapat menggunakan transportasi publik, terutama MRT Jakarta, hanya jika ada kebutuhan yang mendesak.

PT MRT Jakarta telah menerapkan protokol transportasi publik dalam upaya pencegahanpenyebaran virus corona, seperti pemeriksaan suhu tubuh calon penumpang, serta mengimbau pemakaian penyanitasi tangan (hand sanitizer) bagi setiap calon penumpang.

PT MRT Jakarta mengimbau agar setiap calon penumpang dapat menjaga kesehatan dan kebersihan diri sebagai bagian dari upaya bersama mencegah penyebaran virus corona.



Sumber: BeritaSatu.com