Pemprov DKI Distribusikan 40.000 APD ke RS dan Faskes

Pemprov DKI Distribusikan 40.000 APD ke RS dan Faskes
Gubernur DKI Jakarta di acara konferensi pers pendistribusian coverall APD di Balai Kota Jakarta, Senin (23/3/2020) (Foto: Humas Pemprov DKI)
Yustinus Paat / IDS Senin, 23 Maret 2020 | 14:41 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta telah menerima 40.000 pakaian disposable protective coverall yang merupakan salah satu kelengkapan alat pelindung diri (APD). Pakaian coverall ini diterima dari BNPB pada Senin (23/3/2020) dini hari di Balai Kota Jakarta dan digunakan untuk penanganan wabah corona di Jakarta.

"Alhamdulilah tengah malam (tadi) di Balai Kota diturunkan 40.000 coverall kelengkapan APD. Coverall itu untuk pakaiannya, kalau APD lengkap itu ada sarung tangan, masker, tutup untuk mata," ujar Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan saat acara penyerahan simbolis coverall ini ke perwakilan fasilitas kesehatan, di Balai Kota Jakarta, Senin (23/3/2020).

Anies mengatakan, coverall APD tersebut segera didistribusikan seluruh Rumah Sakit (RS) Rujukan Covid-19 serta fasilitas-fasilitas kesehatan (faskes) di seluruh wilayah DKI Jakarta. Pendistribusian akan dilakukan secara proporsional oleh Dinas Kesehatan Pemprov DKI.

"Jadi tidak terbatas pada RS rujukan saja tapi juga faskes lain yang saat ini juga menangani pasien-pasien atau orang dalam pemantauan atau pasien dalam pengawasan, termasuk ke Puskesmas yang juga sudah mulai mendeteksi kasus-kasus Covid-19 di wilayah sekitarnya," terang dia.

Anies berharap, dengan adanya ribuan APD tersebut, para tenaga medis yang berada di garda terdepan melawan virus corona, bisa terlindung dari infeksi sehingga mereka bisa bekerja dengan tenang dan aman.

"Insyaallah, dengan adanya kelengkapan ini, bisa membantu petugas-petugas kita yang saat ini berada di garda terdepan, (guna) memastikan mereka tidak terpapar dan alat-alat ini menjadi sangat penting sekali," tandas dia.

Sementara itu, Kepala Dinkes Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti, menegaskan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan tim Dinkes agar semua rumah sakit rujukan Covid-19 mendapat distribusi pakaian coverall. Pendistribusian tersebut ditujukan guna memaksimalkan perlindungan para tenaga medis, dokter, dan jajaran yang berada di rumah sakit yang melayani pasien terinfeksi corona.

"Kami akan memastikan para petugas kesehatan semuanya aman dan terlindungi dari paparan Covid-19," tutur Widyastuti.

Adapun 5 (lima) orang perwakilan pihak terkait yang menerima secara simbolis pakaian coverall, yaitu:

1. Direktur RSUD Tarakan: drg. Dian Ekowati, MARS
2. Kepala Puskesmas Sawah Besar: dr. Lusi Widiastuti
3. Bagian Pengadaan Bekal Kesehatan RSPAD Gatot Soebroto: Sutarno
4. Petugas AGD Dinas Kesehatan: Dewi
5. Kepala Labkesda Provinsi DKI Jakarta: Endra Muryanto

Kemudian, pakaian coverall tersebut akan didistribusikan kepada sejumlah pihak sebagai berikut:

1. RSPI Sulianti Saroso
2. RSPAD Gatot Subroto
3. RSUP Persahabatan
4. RSUP Fatmawati
5. RS Umum Bhayangkara Tk. I R. Said Sukanto
6. RSAL Mintoharjo
7. RSUD Pasar Minggu
8. RSUD Cengkareng
9. RSUD Duren Sawit
10. RS Pelni
11. RSUD Tarakan
12. RSUD Koja
13. Labkesda
14. AGD
15. Wisma Atlet
16. 44 Puskesmas
17. 6 Sudinkes
18. Dinas Kesehatan
19. 47 Rumah Sakit Pendukung



Sumber: BeritaSatu.com