Anies: Semua Kerumunan Warga Akan Ditindak Tegas

Anies: Semua Kerumunan Warga Akan Ditindak Tegas
Gubernur DKI Anies Baswedan bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sujana dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (23/3/2020). ( Foto: Beritasatu Photo / Yustinus Patris Paat )
Yustinus Paat / FER Senin, 23 Maret 2020 | 17:05 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan pihaknya akan menindak tegas warga yang masih membuat kerumunan atau kegiatan mengumpulkan orang banyak. Pemprov DKI sudah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya untuk menertibkan orang yang masih membuat kerumunan.

Baca Juga: Pemprov DKI Distribusikan 40.000 APD

"Intinya adalah akan ada penegakan dengan lebih ketat dan potensi tindakan hukum oleh pihak kepolisian," ujar Anies Baswedan usai melakukan pertemuan dengan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sujana dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (23/3/2020).

Anies meminta masyarakat untuk menghindari atau menjauhi berbagai kegiatan yang bersifat mengumpulkan banyak orang. Jika ada pihak yang memaksa, maka pihak kepolisian akan menindak tegas.

"Jadi akan dibubarkan dan mereka yang memaksa nanti dimintai keterangan dan akan ada potensi sanksi karena ini resikonya terlalu besar jadi semua kegiatan yang sifatnya pengumpulan massa harus dihentikan," tegas Anies Baswedan.

Menurut Anies, cara yang efektif mencegah penularan virus corona adalah mengurangi interaksi dan kontak langsung dengan orang lain. Karena itu, pihaknya melarang kegiatan yang memungkinkan orang berdekatan dan dalam jumlah yang besar. "Pengumpulan orang secara berdekatan dan jumlah besar itu dilarang," tandas Anies.

Baca Juga: Polda Sumut Keluarkan Larangan Berkumpul

Lebih lanjut, Anies meminta keluarga khususnya anak-anak muda untuk mengurangi kontak dengan orang tua. Pasalnya, orang tua merupakan orang yang paling rentan tertular dan terdampak Covid-19.

"Data di kita hari ini menunjukkan bahwa 59 persen dari yang meninggal usianya di atas 60 tahun. Artinya ini kelompok paling rentan. Saya meminta semua keluarga untuk melindungi orang tua," kata Anies.

Menurut Anies, cara melindungi orang tua di tengah wabah corona adalah tidak bersalaman, tidak berjabat tangan dan tidak memeluk mereka.

"Kalau kita mencintai orang tua, kita wujudkan rasa cinta itu dengan tidak memeluk, dengan tidak menyalami secara fisik. Ini untuk sementara waktu sampai masalah Covid-19 ini bisa selesai," pungkas Anies.



Sumber: BeritaSatu.com