RT/RW Bisa Cegah Kelompok Rentan Corona Bepergian

RT/RW Bisa Cegah Kelompok Rentan Corona Bepergian
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan jajarannya memberikan keterangan pers di Balai Kota, Jakarta, Kamis 26 Maret 2020. ( Foto: Suara Pembaruan/Joanito De Saojoao )
Yustinus Paat / BW Kamis, 26 Maret 2020 | 19:16 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, terdapat kelompok masyarakat yang rentan dan memiliki risiko yang tinggi tertular virus corona atau Covid-19. Kelompok tersebut adalah masyarakat lansia dan penyandang penyakit seperti diabetes, penyakit asma, dan penyakit lainnya.

"Mereka rentan bila terkena maka risiko totalitasnya cukup tinggi," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Pemprov DKI, kata Anies akan menggerakkan RT/RW untuk memastikan kelompok rentan penularan virus corona tidak bepergian atau keluar rumah. Dengan demikian, mereka tidak tertular virus corona atau pun menularkan virus corona.

"Jadi kami menyampaikan kepada seluruh masyarakat, kita juga menggerakkan lewat RT, RW, PKK untuk membantu mengidentifikasi masyarakat yang berisiko tinggi agar mereka tidak berkegiatan di luar dan terhindar dari potensi penularan," tandas dia.

Anies juga meminta bantuan masyarakat untuk membantu kelompok rentan ini sehingga tidak perlu keluar rumah. Jika ada kebutuhan yang diperlukan, maka keluarganya bisa membantu untuk menyediakan kebutuhan tersebut.

"Bagi yang punya risiko karena penyakit bawaan didukung agar dimudahkan tidak harus pergi keluar. Ini harus dikerjakan sama-sama," pungkas dia.



Sumber: BeritaSatu.com