Soal Ibadah Ramadan, Anies Tunggu Arahan dari MUI

Soal Ibadah Ramadan, Anies Tunggu Arahan dari MUI
Anies Baswedan. ( Foto: Antara )
Yustinus Paat / CAH Kamis, 2 April 2020 | 21:57 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pihaknya menunggu arahan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait ibadah Ramadan di tengah wabah corona. Saat ini, kata Anies, belum ada kebijakan khusus terkait ibadah Ramadan.

Anies menyampaikan hal tersebut menjawab pertanyaan Wapres KH Ma'ruf Amin dalam rapat melalui video conference tentang Progres Penanganan Wabah Covid-19 dan Pelaksanaan Bansos oleh Pemda, Kamis (2/4/2020).

"Sejauh ini belum ada langkah khusus terkait dengan kegiatan peribadatan (Ramadan). Kami akan menunggu barangkali juga dari Majelis Ulama Indonesia, mungkin akan ada arahan," ujar Anies.

Untuk saat ini, kata Anies, pihak menerapkan kebijakan pembatasan kegiatan-kegiatan di rumah ibadah, seperti masjid, gereja, wihara dan tempat ibadah lainnya. Kebijakan ini berlaku 2 minggu. Terkait peribadahan di bulan Ramadan, kata Anies, selain menunggu arahan MUI, juga akan mempertimbangkan perkembangan penyebaran virus corona.

"Persiapan terkait kegiatan peribadatan kita akan menunggu juga situasi sambil nantinya menjelang Romadhan akan mendiskusikan dengan para ulama," ungkap dia.

Lebih lanjut, Anies memastikan kebutuhan pangan menjelang Ramadan hingga Idulfitri di Jakarta aman. "Kalau terkait dengan kebutuhan pangan menjelang Ramadhan, Alhamdulilah stok aman termasuk juga proyeksi sampai dengan Idulfitri. Jadi persiapan dalam artian logistik Insya Allah aman," pungkas Anies. 



Sumber: BeritaSatu.com