LPKA Tangerang Bebaskan 48 Tahanan Anak

LPKA Tangerang Bebaskan 48 Tahanan Anak
Warga binaan memeluk rekannya saat dibebaskan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas I, Kota Tangerang, Banten, Kamis, 2 April 2020. ( Foto: Antara / Fauzan )
Chairul Fikri / CAH Jumat, 3 April 2020 | 17:49 WIB

Tangerang, Beritasatu.com - Mengantisipasi penyebaran virus corona di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan khususnya di Lembaga Pembinaan Khusus Anak, Kementerian Hukum dan HAM (Kemkumham) membebaskan 48 tahanan anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas 1 Tangerang pada Jumat (3/4/2020).

"Berdasarkan keputusan Menteri Hukum dan Ham (Kemkumham) yang ketentuan itu diatur dalam Keputusan Menteri Hukum dan HAM bernomor M.HH-19.PK/01.04.04 tentang Pengeluaran dan Pembebasan Narapidana dan Anak Melalui Asimilasi dan Integrasi dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19. Oleh sebab itu, LPKA Klas 1 Tangerang mempercepat pembebasan anak didik kami yang sudah menjalani 1/3 masa hukumannya. Mereka yang bebas sudah masuk masa asimilasi di rumah yang berjumlah 48 orang anak," ungkap Hesti selaku Kalapas LPKA Klas 1 Tangerang, Jumat (3/4/2020).

Ditambahkan Hesti, pembebasan di atas hanya berlaku pada narapidana dan anak yang tidak terkait Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 99 Tahun 2012 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan, tidak sedang menjalani subsider, dan bukan warga negara asing.

"Kita berharap anak-anak yang kita bebaskan ini akan bisa kembali ke masyarakat dan dan kekeluarganya serta berharap mereka tidak mengulangi kesalahannya lagi," tandasnya.



Sumber: BeritaSatu.com