Mulai 12 April, Anies Wajibkan Penumpang Angkutan Umum Pakai Masker

Mulai 12 April, Anies Wajibkan Penumpang Angkutan Umum Pakai Masker
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan jajarannya memberikan keterangan pers di Balai Kota, Jakarta, Kamis 26 Maret 2020. ( Foto: Suara Pembaruan/Joanito De Saojoao )
Yustinus Paat / MPA Minggu, 5 April 2020 | 11:29 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta Direktur Utama PT Transportasi Jakarta, Dirut PT MRT Jakarta dan Dirut PT LRT Jakarta untuk membuat kebijakan yang mewajibkan semua penumpang memakai masker. Jika tak menggunakan masker, kata Anies, maka penumpang tersebut tak diizinkan untuk naik kendaraan umum.

Hal ini disampaikan Anies melalui memo dengan nomor 03/Memo/04042020 tertanggal 4 April 2020 yang diperoleh Beritasatu.com pada Minggu (5/4/2020).

"Harap buat kebijakan untuk mewajibkan semua penumpang menggunakan masker. Bila tanpa masker maka tidak diizinkan untuk naik kendaraan umum," tulis Anies dalam memo tersebut.

Anies pun meminta ketiga dirut tersebut (PT Transjakarta, PT MRT Jakarta dan PT LRT) untuk melakukan sosialisasi kebijakan wajib pakai masker kepada penumpang atau warga secara masif di semua stasiun, halte, bis atau gerbong dan tempat-tempat lainnya. Sosialisasi tersebut dilakukan mulai Tanggal 6 April dan kebijakannya resmi berlaku mulai Tanggal 12 April 2020.

"Sosialisasi dilakukan mulai Senin 6 April 2020 dan penegakan mulai dilaksanakan Minggu 12 April 2020. Laksanakan dengan baik," tandas Anies.

Memo ditembuskan kepada Sekda DKI, Asisten Perekonomian dan Keuangan DKI, Kepala Dinas Perhubungan DKI dan Kepala BP BUMD.



Sumber: BeritaSatu.com