Enam Pasar Milik Pemkot Depok Layani Pembelian Daring

Enam Pasar Milik Pemkot Depok Layani Pembelian Daring
Ilustrasi pasar tradisional. ( Foto: Antara )
Bhakti Hariani / FER Senin, 6 April 2020 | 17:13 WIB

Depok, Beritasatu.com - Gugus Tugas Covid-19 Kota Depok melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Depok menerapkan sistem belanja dalam jaringan (daring) atau online sejak 30 Maret 2020. Langkah tersebut dilakukan dalam upaya mengurangi risiko penyebaran virus corona atau Covid-19 di pasar tradisional.

Baca Juga: Pemkot Depok Dukung Penerapan PSBB

Tercatat ada enam pasar tradisional di Depok yang melayani pembelian secara online. Keenam pasar tersebut adalah Pasar Cisalak, Pasar Agung, Pasar Kemiri, Pasar Tugu, Pasar Musi dan Pasar Depok Jaya. Tujuan pasar online untuk membantu warga yang ingin belanja kebutuhan pokok tanpa harus ke pasar.

Adapun bahan pangan yang dijual secara online yakni beras, daging sapi, ayam broiler, sayuran, sembilan bahan pokok, tempe, tahu, ikan, buah, rempah-rempah dan sebagainya

"Banyak keluarga yang dimudahkan dalam membeli sembako dengan cara online ini. Pedagang juga dapat tetap berjualan tanpa pembeli harus pergi ke pasar," ujar Wali Kota Depok, Mohammad Idris, di Depok, Senin (6/4/2020).

Baca Juga: Depok Belum Berlakukan Pembatasan Transportasi

Untuk mekanisme berbelanja di pasar secara daring ini, pembeli dapat secara langsung menghubungi pedagang melalui nomor telepon seluler milik pedagang. Nomor ponsel pedagang di enam pasar tradisional ini sudah dicantumkan dan dibagi-bagikan kepada masyarakat dalam bentuk flyer digital yang disebar via aplikasi WhatsApp dan juga media sosial.

"Misalnya pedagang sayuran adalah Ibu A di Pasar Kemiri Muka, itu nomor ponselnya sudah kami cantumkan. Jadi masyarakat yang mau beli sayuran di Pasar Kemiri Muka, nanti bisa langsung hubungi Ibu A di nomor ponselnya," ujar Idris.

Sedangkan untuk mekanisme pengirimannya, akan disepakati sesuai kesepakatan penjual dan pembeli. Bagaimana cara pengiriman dan juga mekanisme pembayarannya. Salah satu cara bisa dengan menggunakan ojek online. Cara ini juga bisa membantu para pengemudi ojek online mendapatkan penghasilan di tengah pandemik covid-19 ini.

Baca Juga: Pedagang Pasar Beralih ke Jualan Online

"Kami berharap adanya layanan pasar tradisional ini dapat bermanfaat untuk warga Depok sekaligus membantu pedagang dan para ojek online untuk tetap mendapatkan penghasilan," tutur Idris.



Sumber: BeritaSatu.com