PSBB di Jakarta, Kendaraan Pribadi Tetap Beroperasi Seperti Biasa

PSBB di Jakarta, Kendaraan Pribadi Tetap Beroperasi Seperti Biasa
Anies Baswedan. ( Foto: Antara )
Yustinus Paat / JAS Selasa, 7 April 2020 | 23:07 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan bahwa kendaraan pribadi masih tetap bisa beroperasi seperti biasa selama pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta. Menurut Anies, yang terpenting penumpang di dalam kendaraan pribadi memperhatikan physical distancing.

"Kendaraan pribadi bisa berkegiatan seperti biasa tetapi harus ada physical distancing. Artinya, kendaraan-kendaraan itu membatasi jumlah penumpang. Tapi secara umum kendaraan pribadi tidak dilarang," ujar Anies dalam konferensi pers di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (7/4/2020) malam.

Anies Baswedan mengatakan akses kendaraan pribadi ke Jakarta juga tidak dilarang. Yang diatur oleh pihaknya adalah kendaraan umum di mana jam operasinya dibatasi dari jam 06.00 WIB sampai 18.00 WIB.

"Jam operasinya, menjadi jam 6 pagi sampai jam 6 sore. Ini berlaku untuk semua kendaraan umum yang beroperasi di Jakarta," kata Anies Baswedan.

Selain itu, tutur Anies, jumlah penumpang di transportasi umum di Jakarta akan dibatasi. Dia menyatakan, jumlah penumpang turun 50 persen kapasitas yang bisa dimuat.

"Kalau misalnya sebuah bus itu bisa diisi dengan 50 penumpang, maka tinggal 25 penumpang yang bisa berada dalam satu bus. Jadi kita tidak mengizinkan penuh tapi cukup 50 persen," pungkas Anies. 



Sumber: BeritaSatu.com