Pemberlakuan PSBB, Ini Waktu Operasional MRT

Pemberlakuan PSBB, Ini Waktu Operasional MRT
Pembatasan penumpang MRT. (Foto: Beritasatu Photo / Joanito De Saojoao)
Thresa Sandra Desfika / YUD Rabu, 8 April 2020 | 17:06 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Terkait penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di DKI Jakarta mulai Jumat (10/4/2020), PT MRT Jakarta menyampaikan penyesuaian operasional Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta. Pengoperasian MRT pada masa PSBB berubah menjadi pukul 06.00-18.00 WIB per 10 April 2020. 

"Untuk mendukung penerapan pembatasan sosial berskala besar di DKI Jakarta, mulai hari Jumat, 10 April 2020, layanan waktu operasional MRT Jakarta akan berubah menjadi 06.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB,” ungkap Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar melalui keterangan tertulis, Rabu (8/4/2020).

Baca juga: Sekarang, Penumpang MRT Wajib Gunakan Masker

Dia menambahkan, sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19, MRT Jakarta telah menerapkan beberapa kebijakan dalam layanan. Sejak 16 Maret 2020, MRT Jakarta menerapkan pembatasan waktu layanan operasi, jarak antar keberangkatan kereta (headway), jumlah penumpang maksimal 60 orang per kereta, dan kebijakan penggunaan masker bagi penumpang saat menggunakan MRT Jakarta. Adapun saat ini MRT Jakarta beroperasi sejak pukul 06.00-20.00 WIB.

William menyebutkan, PT MRT Jakarta senantiasa melakukan upaya untuk dapat terus memberikan layanan optimal kepada seluruh masyarakat dengan turut serta mendukung kebijakan pemerintah pusat maupun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19).

Baca juga: Penumpang Jauh Berkurang, Headway MRT Jadi 20 Menit

"PT MRT Jakarta turut mendukung usulan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang telah disetujui oleh Kementerian Kesehatan terkait penerapan pembatasan sosial berskala besar. Persetujuan tersebut ditindaklanjuti dengan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/239/2020 tentang penerapan PSBB di DKI Jakarta yang akan efektif diberlakukan mulai Jumat," papar William.

Baca juga: Kemhub Matangkan Aturan Transportasi di Wilayah PSBB dan Mudik 2020

Lebih jauh, dia menambahkan, masyarakat diimbau untuk selalu menggunakan masker ketika berada atau berkegiatan di luar rumah, tanpa terkecuali, termasuk ketika akan memasuki stasiun dan menggunakan layanan MRT Jakarta. Jenis masker yang disarankan adalah masker jenis kain minimal dua lapis yang dapat dicuci setiap hari. Adapun penggunaan masker medis tidak disarankan karena penggunaan masker tersebut lebih diprioritaskan untuk tenaga kesehatan.

William Sabandar mengatakan, di hari kedua sosialisasi penggunaan masker berjalan efektif sebagaimana penumpang telah menggunakan masker pada saat masuk ke dalam area stasiun MRT Jakarta. Sosialisasi ini akan terus diperkuat sampai dengan tanggal 11 April 2020 dan akan diberlakukan secara efektif pada 12 April 2020.



Sumber: BeritaSatu.com