Bekasi Ajukan Status PSBB ke Kementerian Kesehatan

Bekasi Ajukan Status PSBB ke Kementerian Kesehatan
Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja. (Foto: ANTARA)
Mikael Niman / YUD Rabu, 8 April 2020 | 18:22 WIB

Bekasi, Beritasatu.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi resmi mengajukan status pembatasan sosial berskala besar (PSBB) kepada Kementerian Kesehatan melalui Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Rabu (8/4/2020). Keputusan ini diambil Pemkab Bekasi usai menggelar rapat bersama dengan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) siang tadi.

“Sudah resmi diajukan dalam rapat koordinasi hari ini,” ujar Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja.

Baca juga: Pemberlakuan PSBB, Ini Waktu Operasional MRT

Jajaran Forkopimda Kabupaten Bekasi memastikan tidak akan menutup akses jalan antarwilayah maupun perbatasan Kabupaten Bekasi. Hanya saja, lebih memperketat ruang gerak aktivitas masyarakat, termasuk pergerakan orang yang menggunakan kendaraan umum dan pribadi.

Baca juga: Kota Depok Susun Kajian PSBB

Pemkab Bekasi sebelumnya, telah membatasi aktivitas masyarakat seperti pelajar yang hanya diperkenankan belajar dari rumah, pegawai dengan sistem piket.

“Apabila sudah ditetapkan (status PSBB), akan ada tindakan dari Kepolisian terhadap warga yang melanggar,” bebernya.

Baca juga: PSBB di DKI Jakarta, Polda Metro Tegaskan Tidak Ada Penutupan Jalan

Pemkab Bekasi juga akan memberikan bantuan langsung kepada warga yang terdampak, terutama keluarga miskin, atau pekerja informal yang mulai dilarang berjualan atau menarik penumpang seperti ojek daring.

Terpisah, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi juga sedang mempersiapkan tahapan menuju PSBB. Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bekasi mulai membahas berbagai tahapan seperti bantuan sosial yang harus disiapkan kepada warga yang terdampak.

“Dalam satu-dua hari mendatang sudah kita lakukan,” ujar Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi.

Dia menjelaskan, saat teleconference Pemkot Bekasi meminta diterapkan PSBB setelah Kota Depok dan Kabupaten Bekasi mengajukan terlebih dahulu.



Sumber: BeritaSatu.com