PSBB, Operasional MRT Hingga Pukul 18.00

PSBB, Operasional MRT Hingga Pukul 18.00
Pembatasan penumpang MRT. ( Foto: Beritasatu Photo / Joanito De Saojoao )
Muawwan Daelami / YUD Kamis, 9 April 2020 | 21:47 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang mulai efektif diterapkan, Jumat (10/4/2020) besok, mengatur juga pembatasan seluruh transportasi publik di wilayah DKI Jakarta. PT MRT Jakarta (Perseroda) pun menyesuaikan kebijakan dengan mengubah layanan jam operasional.

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar menyampaikan perubahan kebijakan tersebut merupakan penyesuaian dengan kebijakan sebelumnya seperti pembatasan 60 penumpang dalam satu kereta, jarak antar kereta (headway) 20 menit, dan penerapan physical distancing di lingkungan MRT Jakarta.

Baca juga: Pemberlakuan PSBB, Ini Waktu Operasional MRT

Dia pun menegasakan, mulai Jumat besok, MRT Jakarta akan beroperasi dari pukul 06.00 sampai dengan 18.00 WIB. Kebijakan tersebut sebagai dukungan PT MRT Jakarta (Perseroda) kepada Pemprov DKI yang efektif menerapkan PSBB mulai Jumat 10 April 2020.

Meski demikian, PT MRT Jakarta (Perseroda) terus berupaya memberikan layanan optimal kepada seluruh masyarakat dengan melakukan langkah-langkah pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) di lingkungan MRT Jakarta.

Baca juga: Sekarang, Penumpang MRT Wajib Gunakan Masker

Untuk itu, dia mengimbau seluruh calon penumpang selalu menggunakan masker ketika berkegiatan di luar rumah, tanpa terkecuali.

"Sosialisasi penggunaaan masker terus diperkuat sampai dengan tanggal 11 April 2020 dan diberlakukan efektif pada 12 April 2020 mendatang," ujar William dalam pernyataan resmi, Kamis (9/4/2020).

Baca juga: Penumpang Jauh Berkurang, Headway MRT Jadi 20 Menit

PT MRT Jakarta (Perseroda) juga mengingatkan masyarakat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan diri, serta tetap bekerja, belajar dan beribadah dari rumah guna menghambat penyebaran virus corona.

Sebelumnya, Pemprov DKI telah mengusulkan diterapkannya PSBB kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kemenkes menyetujuinya dengan dikeluarkannya Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/239/2020 tentang penerapan PSBB di DKI Jakarta yang efektif diterapkan mulai besok.



Sumber: BeritaSatu.com