Mensos Tinjau Distribusi Bantuan Presiden di Kota Bekasi

Mensos Tinjau Distribusi Bantuan Presiden di Kota Bekasi
Mensos, Juliari P Batubara bersama Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi meninjau langsung pendistribusian bantuan Presiden di Pondokgede, Sabtu (16/5/2020). (Foto: Beritasatu Photo / Mikael Niman)
Mikael Niman / FER Minggu, 17 Mei 2020 | 16:04 WIB

Bekasi, Beritasatu.com - Menteri Sosial (Mensos), Juliari P Batubara, meninjau langsung pendistribusian bantuan sosial (Bansos) dari Presiden di Kota Bekasi, Sabtu (16/5/2020).

Baca Juga: 2 Juta Penduduk Telah Terima Bansos Tunai

Juliari didampingi Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi memantau penerima bansos di Kelurahan Jatimakmur, Kecamatan Pondokgede.

Kota Bekasi mendapatkan sebanyak 197.460 kepala keluarga (KK) bantuan dari Presiden terdaftar dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang telah diperbarui oleh petugas Program Keluarga Harapan (PKH), Petugas Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan Tenaga Kemasyarakatan Sosial Kecamatan (TKSK).

"Akhir April dan awal Mei Pemerintah Kota Bekasi mengirimkan data awal sekitar 157.000 KK, ditambah sekitar 47.000 KK tambahan, dan data itu lah yang dikirim ke Kemsos. Total, yang disetujui mencapai 197.000 KK lebih,” ujar Rahmat Effendi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (17/5/2020).

Baca Juga: Mensos Akui Penyaluran Bansos Jauh dari Sempurna

Sebelum bantuan dari Presiden didistribusikan, Pemkot Bekasi telah menyiapkan bantuan sosial untuk warga yang tidak terdaftar DTKS melalui pengumpulan data dari RT/RW dan diselaraskan petugas kelurahan setempat sehingga tidak terjadinya penerima ganda sembako antara DTKS dan non-DTKS.

Tak lupa, Rahmat menyampaikan salam kepada Presiden Joko Widodo, bahwa kepedulian kepada rakyatnya kini sedang dalam proses pendistribusian dan dipastikan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan data penerima bantuan sosial terdampak Covid-19.

Sementara itu, Juliari sempat berbincang kepada penerima bantuas sosial dan menyosialisasikan mengenai protokol kesehatan dalam mencegah Covid-19.

Baca Juga: Pemkot Bekasi Beri Sanksi Bagi Pelanggar PSBB III

"Kita berharap dan berdoa agar wabah ini segera diatasi dan kegiatan masyarakat dapat normal kembali, yang bekerja, yang sekolah, yang usaha bisa normal kembali," imbuhnya.



Sumber: BeritaSatu.com