Cara Anies Pastikan Warganya Salat Id di Rumah dan Tidak Takbir Keliling

Cara Anies Pastikan Warganya Salat Id di Rumah dan Tidak Takbir Keliling
Salat Idul Fitri. ( Foto: Antara / Syifa Yulinnas )
Yustinus Paat / WBP Minggu, 24 Mei 2020 | 05:22 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan berbagai cara untuk memastikan warga DKI Jakarta merayakan malam takbiran dan salat Idulfitri di rumah bersama keluarga. Salah satunya, membangun komunikasi dengan ulama.

Jauh hari sebelum hari Idulfitri dia melakukan pertemuan dengan para ulama di Jakarta menggunakan aplikasi zoom. Pada pertemuan tersebut, Anies menghadirkan ahli epidemologi untuk menjelaskan situasi Jakarta, dampak dan penyebaran virus corona atau Covid-19. "Pada saat itu, semua sepakat (Lebaran dari rumah) dan memahami situasi Jakarta di tengah pandemi," kata Anies dalam video conference dengan stasiun swasta, Sabtu (23/5/2020).

Baca juga: Pantau Jakarta di Malam Takbiran, Kakorlantas: Situasi Kondusif

Setelah itu, kata Anies, ada imbauan dan seruan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) untuk wilayah Jakarta tentang salat Id di rumah dan larangan takbir keliling. Imbauan dari MUI dan DMI Jakarta ini, kata Anies, diperbanyak dan dicetak oleh Pemprov DKI untuk disosialisasikan dan disebarkan di seluruh masjid dan Mushola yang ada di Jakarta.

Baca juga: Malam Takbiran, Kawasan Kota Tua Ramai Pengunjung

Langkah tersebut, tutut Anies dilakukan untuk memastikan warga DKI Jakarta tidak melakukan takbir keliling dan melakukan salat Id di rumah. "Kita sosialisasikan imbauan MUI dan DMI Jakarta, kita cetak dan bagikan di seluruh masjid dan mushola di Jakarta. Di Jakarta ini ada kurang lebih 9.000 masjid dan mushola," ungkap Anies.

Hasilnya, kata Anies, berdasarkan laporan petugas di lapangan, takbiran tetap berkumandang di Jakarta. Namun, tidak ada takbiran keliling. Takbiran dilakukan di masjid masing-masing dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. "Alhamadulilah, hal ini menunjukkan kesadaran warga DKI. Bahkan ada yang melakukan takbir secara virtual, menggunakan aplikasi zoom," pungkas Anies.



Sumber: BeritaSatu.com