Jika PSBB Berakhir, Tempat Wisata Dibuka Secara Bertahap

Jika PSBB Berakhir, Tempat Wisata Dibuka Secara Bertahap
Sejumlah fasilitas wisata yg ditutup di kawasan Pantai Timur Ancol di Jakarta Utara, Senin, 25 Mei 2020. (Foto: Beritasatu Photo / Joanito De Saojoao)
Yustinus Paat / HS Rabu, 27 Mei 2020 | 14:24 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kadisparekraf) DKI Jakarta Cucu Ahmad mengatakan tempat wisata dan hiburan di DKI Jakarta akan dibuka secara bertahap jika masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) berakhir atau tidak diperpanjang lagi.

Menurut Cucu, hal tersebut sangat tergantung dari kepatuhan warga terhadap PSBB dan kecenderungan penularan kasus virus corona atau Covid-19.

"Ya semua juga nanti kalau perkembangan positif tentunya akan dibuka secara bertahap baik itu tempat wisata ataupun tempat lain terkait sama pariwisata seperti hotel, hiburan malam dan tempat lainnya," ujar Cucu saat dihubungi, Rabu (27/5/2020).

Pemprov DKI, kata Cucu, nanti akan memilih tempat-tempat wisata dan hiburan dengan resiko penularan Covid-19 paling rendah, yang akan dibuka lebih awal. Dia mengakui saat ini pihaknya sedang membahas tempat-tempat yang akan lebih awal dibuka jika PSBB berakhir.

"Dan mereka harus punya protokol Covid-19 buat masing-masing tempat wisatanya," tandas dia.

Terkait perpanjangan PSBB atau tidak, Cucu menegaskan bahwa hal tersebut merupakan kewenangan gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 DKI Jakarta. Menurut dia, gugus tugas sudah mempunyai kriteria dan syarat diperpanjang atau tidaknya PSBB, termasuk penentuan waktu dibukanya kembali tempat wisata dan hiburan di DKI Jakarta.

"Wewenang untuk pelonggaran itu, PSBB itu adanya di tim gugus covid. Dia kan ada kaidah-kaidah yang sebelum dia menetapkan itu, dia punya acuan kapan boleh dibuka atau tidaknya," pungkas Cucu



Sumber: BeritaSatu.com