Tak Punya SIKM, Penumpang Pesawat di Soetta Akan Dikarantina

Tak Punya SIKM, Penumpang Pesawat di Soetta Akan Dikarantina
Petugas memeriksa kesehatan, kelengkapan surat dan alasan berpergian calon penumpang sebagai bagian dari prosedur yang harus dipenuhi penumpang pesawat yang akan terbang di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (10/5/2020). (Foto: Beritasatu Photo / Defrizal Mohammad)
Chairul Fikri / BW Rabu, 27 Mei 2020 | 16:56 WIB

Tangerang, Beritasatu.com - PT Angkasa Pura II, operator Bandara Soekarno Hatta (Soetta) Tangerang, Banten akan mengkarantina penumpang yang tidak bisa menunjukkan surat izin keluar masuk (SIKM) Jakarta.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.

Bila tidak punya SIKM, maka PT Angkasa Pura II akan mengarahkan penumpang bersangkutan dikarantina di GOR Cengkareng. Bila penuh, akan diarahkan ke beberapa hotel di area bandara dengan biaya sendiri.

“Mekanisme pengamanan, apabila mereka tidak melengkapi syarat-syarat adminsitrasi, Gugus Tugas Bandara akan menyerahkan kepada tim Pemprov DKI," ungkap Awaluddin, Rabu (27/5/2020).

Ditambahkan, PT Angkasa Pura II telah mengaktifkan posko pemeriksaan SIKM yang dibagi dalam tiga fase atau cek poin. Penumpang yang baru tiba di Jakarta, akan diperiksa dokumen kelengkapannya, termasuk pemeriksaan SIKM bagi masyrakat yang ingin ke Jabodetabek.

Bila transit, ujarnya, maka mereka hanya dicek sampai cek poin 2. Jika tujuan Jabodetabek, maka harus punya SIKM. Bila tidak punya, mereka kita akan arahkan ke karantina.

“Oleh karena itu, saya harapkan mereka memenuhi syarat seperti yang sudah diatur dalam Pergub 47/2020, sehingga tidak ada masalah apabila masuk ke Soekarno-Hatta," tandasnya.



Sumber: BeritaSatu.com