Rencana Pembukaan Kembali Sekolah Harus Dikaji Matang

Rencana Pembukaan Kembali Sekolah Harus Dikaji Matang
M Taufik. (Foto: Antara)
Hotman Siregar / FER Kamis, 28 Mei 2020 | 16:27 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Mohammad Taufik, meminta Dinas Pendidikan (Disdik) DKI untuk mengkaji lebih jauh terkait rencana pembukaan kembali kegiatan sekolah di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

"Saya kira itu (harus dikaji dulu, red). Intinya jangan buru-buru. Contohnya, tingkat terpaparnya di lingkungan sekolah seperti apa? Dampak penularan terhadap anak-anak seperti apa?" kata Taufik di Jakarta, Kamis (28/5/2020).

Baca Juga: Penerapan Normal Baru Butuh Payung Hukum

Menurut Taufik, dalam mengatur dan memberi pengertian terhadap anak-anak di bawah umur untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran corona akan lebih sulit dibanding mengimbau orang dewasa. Sehingga, rencana tersebut harus diperhitungkan dalam matang.

"Nah, anak kecil itu, agak sulit untuk diatur. Misalnya pakai masker, jaga jarak. Mereka kan memang hobi bermain dengan kawan-kawannya. Saya kira kalau sekolah harus hati-hati, dihitung betul tingkat penyebarannya," ungkap Taufik.

Politisi Partai Gerindra ini menyarankan, Disdik DKI supaya sekolah yang dibuka hanya di daerah yang angka penemuan kasus baru Covid-19 sudah mulai menurun atau menerapkan pembatasan siswa yang masuk setiap harinya. Sehingga risiko penularan dan penyebaran Covid-19 bisa diminimalisasi sekecil mungkin.

Baca Juga: DKI Tetapkan Belajar Mengajar Mulai 13 Juli

"Anak kecil itu kalau kena, menurut saya lebih sulit untuk mengobatinya. Dia kan belum bisa merasakan gejala-gejalanya. Jadi, saya kira harus dicermati betul, jangan terburu-buru," tegasnya.

Sekadar informasi, Disdik DKI akan kembali membuka aktivitas sekolah pada 13 Juli 2020 mendatang. Hal itu tertuang di dalam Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Nomor 467 tentang Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2020/2021.



Sumber: BeritaSatu.com