Pemeriksaan SIKM Berlaku Sampai Tanggal 7 Juni

Pemeriksaan SIKM Berlaku Sampai Tanggal 7 Juni
Pengendara menunjukan kelengkapan surat kepada petugas gabungan yang melakukan pengecekan SIKM kepada pengendara roda dua di pos pemeriksaan, yang memasuki perbatasan DKI Jakarta, Kalimalang Lampiri, Jakarta, Rabu, 27 Mei 2020. (Foto: Beritasatu Photo / Joanito De Saojoao)
Yustinus Paat / FMB Jumat, 29 Mei 2020 | 07:44 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan pemeriksaan surat izin keluar masuk (SIKM) ke wilayah DKI Jakarta akan berakhir pada 7 Juni mendatang. Terkait hal ini, kata Syafrin, Pemprov DKI mengacu kepada ketentuan Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 5 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

“Jadi tentu kita mengacu pada SE Ketua Gugus Tugas Nasional Percepatan penanggulangan Covid-19. Terakhir kemarin SE Nomor 5 Tahun 2020. Di sana terkait pengaturan perjalanan itu berakhir Tanggal 7 Juni,” ujar Syafrin saat dihubungi, Kamis (28/5/2020).

Kalau SE Nomor 5 Tahun 2020, kata Syafrin diubah lagi dan pemeriksaan SIKM diperpanjang, maka Pemprov DKI Jakarta akan mengikuti SE perubahan Gugus Tugas Nasional tersebut. Apalagi, tutur dia, pemeriksaan SIKM di Jakarta berlaku selama masa penetapan bencana non-alam penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sebagai bencana nasional sebagaimana diatur dalam Pergub Nomor 47 Tahun 2020.

“Kalau setelah tanggal 7 Juni, tentu akan ada evaluasi pola perilaku kita sehari-hari, pasti akan ada perubahan. Tentu kita harap akan ada regulasi yg mengatur itu,” tandas Syafrin.

Lebih lanjut, Syafrin mengatakan Pemprov DKI tetap mengantisipasi arus balik setelah tanggal 7 Juni 2020. Ketentuan-ketentuan yang terkait pencegahan penyebaran Covid-19 tetap berlaku, seperti menjaga jarak dan menggunakan masker. “Nanti, kita lihat juga perkembangan ke depannya,” pungkas Syafrin. 



Sumber: BeritaSatu.com