Logo BeritaSatu

Warga Bogor Ikuti Salat Jumat Pertama di Tengah Pandemi

Jumat, 29 Mei 2020 | 17:32 WIB
Oleh : Vento Saudale / WBP

Bogor, Beritasatu.com - Masjid Baitur Ridwan di Jalan Raya KH Abdullah bin Nuh, Bogor Barat, Kota Bogor menjadi salah satu masjid yang kembali menggelar salat Jumat setelah sempat ditiadakan selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Berdasarkan pantauan Beritasatu.com, masjid yang cukup besar ini didatangi para jemaah yang hendak melakukan salat Jumat sejak pukul 11.00 WIB. Di depan gerbang, nampak beberapa petugas melakukan protokol kesehatan dengan memeriksa suhu tubuh jemaah.

Kemudian, para jemaah diwajibkan masuk ke dalam bilik disinfektan dan mencuci tangan dengan antiseptik. Ketika sudah berada di dalam masjid, petugas juga mengingatkan agar jamaah menjaga jarak antarjemaah sekitar 1 meter.

"Sebelumnya di sini ga bisa salat Jumat selama PSBB, baru kali ini bisa," kata salah satu petugas keamanan Masjid Baitur Ridwan, Habib Muhammad, Jumat (29/5/2020).

Pemerintah Kota Bogor kembali mengaktifkan kegiatan keagamaan di masjid-masjid setelah sempat ditiadakan selama masa PSBB.

Meski demikian, protokol kesehatan harus tetap dilakukan ketat seperti menjaga jarak, memakai masker, membawa sajadah masing-masing dan lainnya. Sementara masjid yang diprioritaskan aktif yakni yang berada di pemukiman warga

Terharu
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengaku terharu bisa kembali melaksanakan salat Jumat berjemaah di masjid setelah sempat ditiadakan selama satu bulan PSBB.

"Agak emosinal ya, terharu sekali ya, karena sudah lama tidak dengar iqomat di dalam masjid, sudah lama ga jemaah di dalam masjid rasanya susah diungkapkan dengan kata-kata," kata Bima, usai salat Jumat.

Bima mengatakan, kembali diaktifkan kegiatan ibadah berjamaah setelah adanya landasan ilmiah dari pakar epidemologi bahwa kondisi penularan virus corona (Covid-19) cukup terkendali dan melandai.

"Oleh karena itu sudah bisa dimulai langkah-langkah baru. Ikhtiar kita oleh pemerintah, tim medis dan semua tetapi ujung-ujungnya karena kuasa Allah. Kita yakini kepada Allah tempat ibadah adalah jalan utama kita menang melawan Covid-19 dengan bismillah Pemkot Bogor mulai mengizinkan masjid-masjid untuk kembali menyelenggarakan aktivitas beribadah bersama," ungkapnya.

Meski demikian, lanjut Bima, masjid yang hendak kembali menggelar salat berjamaah tetap melakukan protokol kesehatan secara ketat dan mendaftar ke pihak kelurahan untuk mendapat izin.

"Jadi ada sekitar 875 masjid di Kota Bogor semua akan didata dan nanti setiap masjid mengajukan permohonan kepada kelurahan agar disetujui oleh wali kota untuk diizinkan, kita data yang rapih. Saya harap semua masjid melakukan protokol kesehatan sesuai kapasitas masing-masing," harapnya.

Selain itu, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan TNI-Polri untuk bisa ikut mengamankan area masjid terutama menjaga protokol kesehatan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Survei Indikator: Ganjar Pranowo, Prabowo, dan Anies Teratas

"Dari simulasi 10 nama, trennya tidak berubah banyak. Top three masih dipegang Ganjar Pranowo, Prabowo dan Anies Baswedan,” kata Burhanuddin Muhtadi.

NEWS | 2 Oktober 2022

Soroti Tragedi Kanjuruhan, AHY: Tak Ada Sepak Bola Seharga Nyawa Manusia

Ketua Umum Partai Demokrat AHY menyampaikan belasungkawa mendalam atas terjadi tragedi Kanjuruhan Sabtu (1/10/2022) malam.

NEWS | 2 Oktober 2022

Bansos dan Infrastruktur Jadikan Kepuasan Publik terhadap Jokowi Naik

Survei terbaru Indikator Politik menunjukkan kepuasan publik terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengalami kenaikan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Presiden FIFA Bahkan Gagal Paham

Presiden FIFA Gianni Infantino mengaku terkejut sekaligus gagal paham atas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang pendukung sepak bola.

NEWS | 2 Oktober 2022

Menko PMK Sebut Korban Jiwa Tragedi Kanjuruhan 130 Orang

Menko PMK Muhadjir Effendy mengungkapkan jumlah korban meninggal dunia sebanyak 130 orang. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Zulkifli Hasan: Usut Tuntas Tragedi Kemanusiaan di Kanjuruhan

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan atau Zulhas mendesak pengusutan secara tuntas tragedi Kanjuruhan, usai laga Arema FC vs Persebaya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Survei Indikator: Kokoh di Puncak, Elektabilitas Ganjar Pranowo Tidak Terkejar

Survei terbaru Indikator Politik menunjukkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kokoh di puncak elektabilitas calon presiden (capres).

NEWS | 2 Oktober 2022

DPR Sesalkan PT LIB Abaikan Rekomendasi Polisi soal Jadwal Arema vs Persebaya

Habiburokhman menyesalkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang mengabaikan rekomendasi polisi untuk mengubah jadwal pertandingan Arema vs Persebaya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Legawa Laga Persib vs Persija Ditunda

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil legawa pertandingan Persib melawan Persija ditunda imbas dari tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Korban Badai Ian bertambah, Biden Akan Kunjungi Florida

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan mengunjungi Florida saat korban tewas akibat Badai Ian naik menjadi 44 orang.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Oliveira Juara di Thailand, Bagnaia Tinggal 2 Poin dari Quartararo

Oliveira Juara di Thailand, Bagnaia Tinggal 2 Poin dari Quartararo

SPORT | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings