Forkopimda Kota Bekasi Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila secara Virtual

Forkopimda Kota Bekasi Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila secara Virtual
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi (kanan) bersama jajaran Forkopimda Kota Bekasi mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila secara virtual, Senin (1/6/2020). (Foto: Suara Pembaruan / Mikael Niman)
Mikael Niman / BW Senin, 1 Juni 2020 | 15:24 WIB

Bekasi, Beritasatu.com – Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bekasi mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang dipimpin Presiden Joko Widodo, secara virtual, Senin (1/6/2020).

“Harapan kita, segera hilang wabah pandemi ini agar kita bisa melakukan aktivitas sehari-hari seperti dulu,” ujar Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi.

Dia berharap, tahun berikutnya dapat memperingati upacara Hari Lahir Pancasila di lapangan terbuka dan segera beraktivitas seperti sedia kala.

Wali Kota Bekasi memaparkan, ideologi Pancasila harus dapat menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam kondisi apa pun, termasuk dalam wabah ini.

“Bhinneka Tunggal Ika yang kita junjung untuk rasa solidaritas bersama antarumat, golongan, suku, dan budaya kita terapkan tanpa adanya perbedaan menjadi warga negara Indonesia,” katanya.

Upacara virtual digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi Selatan, yang dijadikan sebagai kantor Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 Kota Bekasi. Tahun ini, memperingati kelahiran Pancasila bertemakan “Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong-Royong Menuju Indonesia Maju”.

Jajaran Forkopimda Kota Bekasi yang hadir antara lain Kapolrestro Bekasi Kota Kombes Pol Wijonarko, Komandan Kodim 0507/Kota Bekasi Kolonel Inf Rama Pratama, Ketua DPRD Kota Bekasi Chairoman J Putro, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Abdul Manan, Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto, Sekda Kota Bekasi Reny Hendrawati serta pejabat Eselon II dan III Kota Bekasi.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengatakan di tengah pandemi Covid-19 harus tetap semangat dalam menjalankan upacara Hari Lahir Pancasila.

“Kita harus tetap juga menggerakan kesatuan dalam mengatasi suatu tantangan menggerakan rasa kepedulian kita untuk saling berbagi memperkokoh persaudaraan untuk mengatasi masalah-masalah yang ada,” ujarnya.

Menurutnya, nilai luhur Pancasila harus hadirkan secara nyata. “Pancasila harus terus hidup dalam bekerja dalam kehidupan kita, nilai-nilai yang bekerja dengan kebijakan keputusan Pemerintah dalam semangat rakyat Indonesia,” imbuhnya.



Sumber: BeritaSatu.com