New Normal, Anak Balita Dilarang Naik Commuterline

New Normal, Anak Balita Dilarang Naik Commuterline
Penumpang berada di dalam Kereta Rel Listrik (KRL) di Stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (25/5/2020). PT Kereta Commuter Indonesia atau KCI melaporkan volume pengguna KRL saat pembatasan operasional di hari Lebaran 2020 turun 90 persen dibanding tahun sebelumnya, hal itu merupakan imbas dari pembatasan jam operasional yaitu pada pagi hari pukul 05.00 - 08.00 WIB dan sore hari pukul 16.00 - 18.00 WIB. (Foto: ANTARA FOTO / Muhammad Adimaja)
Chairul Fikri / YUD Selasa, 2 Juni 2020 | 18:32 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT. Kereta Commuter Indonesia (PT. KCI) saat ini tengah bersiap menyambut fase new normal dimasa pandemi Covid-19. Tak hanya akan mewajibkan penumpang untuk menggunakan Face Shield dan melarang penumpangnya melakukan panggilan telepon dan mengobrol selama perjalanan, PT KCI kini juga mengeluarkan panduan bagi penumpang KRL dengan melarang anak berumur di bawah 5 tahun untuk naik KRL Jabodetabek mulai 8 Juni 2020 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Vice President Corporate Communications PT KCI Anne Purba melalui keterangan pers, Selasa (2/6/2020).

"Mulai tanggal 8 Juni 2020 mendatang, anak berusia di bawah lima tahun (balita) dilarang menaiki KRL Jabodetabek. Hal ini disebabkan anak-anak balita dinilai berisiko dalam penularan Covid-19," tulis Anne.

Ditambahkannya, meski melakukan pelarangan bagi anak dibawah lima tahun untuk menaiki KRL Jabodetabek selama fase new normal, namun PT KCI memberikan dispensasi kepada orangtua untuk membawa anak balita-nya untuk menaiki KRL bila ada kebutuhan mendesak.

"Bila ada kepentingan yang sangat mendesak bagi balita untuk naik KRL seperti hendak mendapat perawatan medis rutin di rumah sakit, orangtua dapat berkomunikasi kepada petugas di stasiun," tambahnya.

Tak hanya akan melakukan plearangan bagi anak Balita untuk menaiki Kereta Commuter Line, PT KCI juga memberlakukan aturan ketat bagi penumpang yang berusia di atas 60 tahun untuk tidak menaiki KRL di jam-jam sibuk.

"Mengingat adanya potensi kepadatan pengguna KRL pada jam sibuk, maka bagi lansia (penumpang berusia diatas 60 tahun keatas) hanya diizinkan untuk naik KRL pada pukul 10:00 hingga 14:00 WIB. Hal itu diambil untuk meminimalkan risiko bagi kelompok yang sangat rentan terhadap Covid-19, yaitu lanjut usia atau mereka yang telah berumur enam puluh tahun atau lebih," tandasnya.

PT KCI sendiri kembali mengingatkan penumpang KRL yang akan menaiki KRL selama fase new normal agar tetap menjalankan protokoler kesehatan dengan tetap menggunakan masker selama berada di stasiun dan berada dalam KRL. Selain itu, PT KCI juga akan melakukan pengawasan disetiap Stasiun dan dalam kereta agar penumpang menjaga jarak (physical distancing) serta menyediakan tempat cuci tangan di masing-masing stasiun.



Sumber: BeritaSatu.com