Polisi Buka Pelayanan SIM Keliling di Jakarta Timur

Polisi Buka Pelayanan SIM Keliling di Jakarta Timur
Ilustrasi Pelayanan SIM keliling (Foto: Istimewa)
Bayu Marhaenjati / BW Rabu, 3 Juni 2020 | 11:23 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, membuka pelayanan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) keliling untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan pemohon.

Pelayanan SIM keliling itu dibuka di halaman Masjid At-Tin, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

"Betul, sudah beroperasi. Kita buka di Taman Mini. Baru di Taman Mini, ada dua unit (kendaraan SIM Keliling)," ujar Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo, Rabu (3/6/2020).

Dikatakan Sambodo, pelayanan SIM keliling dibuka untuk mengurai penumpukan pemohon di Kantor Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) Jakarta Timur. Sebelumnya, Satpas Jakarta Timur dipadati pemohon yang hendak mengurus perpanjangan masa aktif SIM, Selasa (2/6/2020).

"Tujuannya memang untuk memecah antrean di unit perpanjangan SIM Jakarta Timur," ungkapnya.

Berdasarkan informasi diakun Twitter TMC Polda Metro Jaya, pelayanan SIM keliling dibuka mulai pukul 09.00 WIB, di halaman Masjid At-Tin Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Kasie SIM Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Lalu Hedwin mengatakan, bagi masyarakat yang masa aktif SIM habis dalam kurun waktu 17 Maret sampai 29 Juni akan mendapatkan dispensasi dengan mengurus melalui proses perpanjangan bukan pembuatan SIM baru.

"SIM yang masa berlakunya habis 17 Maret 2020 sampai 29 Juni 2020 mendapat dispensasi. Bisa diperpanjang dengan proses perpanjangan SIM biasa, bukan pembuatan SIM baru," katanya.

Lalu Hedwin menambahkan, polisi tidak akan menilang kepada pemilik SIM yang masa berlakunya habis pada saat pandemi Covid-19, pada 17 Maret hingga 29 Juni.

"Tidak akan ada penegakan hukum,” katanya.



Sumber: BeritaSatu.com