Anies Sebut Angka Penularan Covid-19 di Jakarta Jauh Menurun

Anies Sebut Angka Penularan Covid-19 di Jakarta Jauh Menurun
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan jajarannya memberikan keterangan pers di Balai Kota, Jakarta, Kamis 26 Maret 2020. (Foto: Suara Pembaruan/Joanito De Saojoao)
Hotman Siregar / Yustinus Paat / CAH Kamis, 4 Juni 2020 | 14:21 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim angka penularan virus corona atau Covid-19 di Jakarta terus menurun. Hingga Rabu (3/6/2020) angka effective reproduction number/Rt atau R0) Jakarta sudah pada posisi 0,99.

“Per kemarin (Rabu 3 Juni 2020) Rt di Jakarta di angka 0,99,” kata Anies dalam paparannya di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (4/6/).

Menurut Anies, angka 0,99 tersebut telah jauh menurun dibandingkan pada Maret. Pada bulan Maret angka penularan berada di angka 4. 

Baca JugaLanjutkan PSBB, Jakarta Masuki Masa Transisi

Ketika PSBB diterapkan sejak 10 April angka ini terus turun. Arti Rt 4 adalah satu pasien positif Covid-19 dapat menularkan kepada 4 orang.

“Bila di bawah satu, berarti tidak ada lagi penularan atau setidaknya penularan terkendali,” katanya.

Baca JugaJakarta Masuki Masa Transisi, Sanksi Pelanggaran PSBB Masih Berlaku

Menurut Anies, angka-angka ini menunjukkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dapat mulai dilongggarkan pada masa transisi bulan Juni 2020. Di masa transisi selama Juni 2020, kegiatan ekonomi dan sosial sudah dibuka secara bertahap.

“Namun, kalau ada peningkatan penyebaran Covid-19 kita akan kembali ke awal lagi dengan penutupan semua kegiatan non PSBB,” katanya.



Sumber: BeritaSatu.com