Polisi Operasikan 6 SIM Keliling Atasi Lonjakan Pemohon

Polisi Operasikan 6 SIM Keliling Atasi Lonjakan Pemohon
Ilustrasi Pelayanan SIM keliling (Foto: Istimewa)
Bayu Marhaenjati / BW Kamis, 4 Juni 2020 | 14:38 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, mengoperasikan enam unit SIM keliling, untuk memecah lonjakan pemohon perpanjangan surat izin mengemudi (SIM), di kantor Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas), di wilayah hukum Polda Metro Jaya, Kamis (4/6/2020).

"Ada enam unit SIM Keliling hari ini," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo.

Dikatakan Sambodo, enam unit SIM Keliling itu berada di kawasan Jakarta Barat dan Jakarta Timur. "Satu di Satpas Kebon Nanas, Jakarta Timur, tiga di Taman Mini Indonesia Indah, dua di Satpas Daan Mogot," ungkapnya.

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya kembali membuka pelayanan publik perpanjangan dan pembuatan SIM, di kantor Satpas dan Polres wilayah hukum Polda Metro Jaya, sejak 2 Juni 2020.

Ketika pelayanan dibuka, terjadi penumpukan pemohon di sejumlah kantor Satpas, seperti Satpas Jakarta Timur, Satpas Kemayoran, Jakarta Pusat, hingga Satpas Daan Mogot, Jakarta Barat.

Para pemohon membentuk antrean yang panjang sehingga cenderung mengabaikan physical distancing atau jaga jarak pada masa pandemi Covid-19.

Mengatasi lonjakan pemohon, Ditlantas mengambil langkah memberikan dispensasi waktu perpanjangan SIM yang habis masa berlakunya periode 17 Maret hingga 29 Juni. Kemudian, membatasi kuota pelayanan harian disesuaikan dengan kapasitas ruang tunggu.

Selain itu, menurunkan SIM Keliling untuk memecah antrean atau lonjakan di Kantor Satpas. Jika mal sudah mulai buka, nanti Gerai Samsat atau Satpas di mal akan dibuka lagi.



Sumber: BeritaSatu.com