50 Persen Pemohon SIKM Tangerang Selatan Ditolak
Logo BeritaSatu

50 Persen Pemohon SIKM Tangerang Selatan Ditolak

Senin, 8 Juni 2020 | 08:53 WIB
Oleh : Chairul Fikri / HS

Tangerang Selatan, Beritasatu.com - Pemerintah Kota Tangerang Selatan resmi memberlakukan surat izin keluar masuk (SIKM) bagi masyarakat yang ingin keluar dan masuk Kota Tangsel pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Selama tiga hari pemberlakuan SIKM tersebut, sudah ada 490 berkas pemohon SIKM yang diterapkan oleh Kota Tangsel. Namun, 50 persen dari pemohon SIKM itu ditolak oleh Pemkot Tangsel. Hal itu diungkapkan Kepala DPMPTSP Kota Tangsel Bambang Noertjahjo, Minggu (7/6/2020).

"Sejauh ini sampai kemarin ada 490 pemohon SIKM yang mendaftar lewat situs https://simponie.tangerangselatankota.go.id. Sebanyak 73 permohonan telah selesai diproses, dan 60 permohonan masih dalam proses. Sementara, sebanyak 239 pemohon, atau 50 persen lebih ditolak," ungkap Bambang.

Ditambahkan, banyak permohonan di wilayahnya yang mengemukakan berbagai tujuan untuk mendapatkan SIKM selama PSBB Tangerang Raya ini. Permohonan SIKM itu rata-rata alasannya karena pekerjaan, tugas dan dinas luar kota. Untuk aparatur seperti pegawai negeri sipil (PNS), TNI atau Polri, saat mengajukan SIKM harus melampirkan surat tugas mereka (jika dinas luar kota).

“Banyak yang kita tolak karena mereka tidak melampirkan hasil rapid test dari sarana kesehatan. Kemudian (mereka) juga tujuannya ke DKI (masih wilayah Jabodetabek) banyak yang salah meng-upload persyaratan saat melakukan pendaftaran online sehingga berkasnya dinyatakan tidak lengkap dan kita tolak," lanjutnya.

Meski begitu, para pemohon SIKM akan tetap bisa mengajukan kembali pemohonan SIKM bila telah melengkapi persyaratannya dan diproses secepatnya meskipun hari libur.

Sebelumnya, Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany menyatakan tak segan-segan memulangkan para pendatang yang tidak melengkapi diri dengan SIKM saat masuk ke wilayahnya. Untuk itu, Airin meminta kepada Ketua RT dan RW untuk aktif melakukan pendataan kepada warga pendatang di wilayahnya masing-masing.

"Siapapun yang masuk wilayah Banten harus mendapatkan surat izin. Surat izin ini diatur lebih lanjut dalam Peraturan Walikota (Perwal) atau Peraturan Bupati (Perbup). Maka yang berbeda dengan Perwal sebelumnya adalah kami mewajibkan surat izin keluar masuk wilayah Banten dan Jabodetabek. Kalau masih melanggar kita siap pulangkan atau dilakukan rapid test dan swab," tandasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Empat RW PSKS Depok Disemprot Disinfektan

Pendampingan kepada lokasi khusus (lokus) RW di wilayah Kelurahan Tanah Baru yang terkena PSKS.

MEGAPOLITAN | 8 Juni 2020

Bupati Tinjau CCM, Mal di Bogor Siap Buka Kembali

Yang boleh buka di Cibinong City Mall itu hanya gerai makanan dan minuman.

MEGAPOLITAN | 8 Juni 2020

Kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Bogor Kembali Naik

Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Bogor kembali naik di angka 22 kasus pada Minggu (7/6/2020) setelah sempat nihil sehari sebelumnya, Sabtu (6/6/2020).

MEGAPOLITAN | 7 Juni 2020

Dua Terkapar, Penembakan Misterius Beraksi di Tangerang

Penembakan misterius terjadi untuk ketiga kalinya.

MEGAPOLITAN | 7 Juni 2020

Tiga Kecamatan Tempati Sebaran Kasus Covid-19 Tertinggi di Depok

Tiga kecamatan menempati kasus konfirmasi positif Covid-19 tertinggi di Kota Depok yakni Pancoran Mas, Tapos, dan Sukmajaya.

MEGAPOLITAN | 7 Juni 2020

Pasien Sembuh Covid-19 di DKI Jakarta Bertambah 300 Orang

Jumlah pasien sembuh 3.140 orang (hari sebelumnya 2.840 orang) dan yang meninggal 537 orang (sebelumnya 535 orang).

MEGAPOLITAN | 7 Juni 2020

Pemprov DKI Diminta Penuhi Kebutuhan Pelanggar SIKM Selama Karantina

Gilbert Simanjuntak meminta Pemprov DKI memberikan bantuan sosial kepada orang yang dikarantina karena tidak mempunyai SIKM ketika masuk Jakarta.

MEGAPOLITAN | 7 Juni 2020

Bengkel Berikut Dua Mobil Terbakar Hangus di Jakarta Timur

Satu bangunan bengkel beserta dua unit mobil yang terparkir di dalamnya terbakar hangus dalam peristiwa kebakaran di Cipinang Melayu, Jakarta Timur.

MEGAPOLITAN | 7 Juni 2020

Pemprov DKI Telah Lakukan Karantina 221 Orang yang Masuk Jakarta Tanpa SIKM

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melakukan karantina terhadap 221 orang yang masuk Jakarta tanpa memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).

MEGAPOLITAN | 7 Juni 2020



BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS