Hindari Kontak Fisik, Bank DKI Dorong Transaksi Non-Tunai

Hindari Kontak Fisik, Bank DKI Dorong Transaksi Non-Tunai
Pemilik kartu JakLingko dan JakCard bisa melakukan isi ulang atau top up dengan menggunakan aplikasi JakOne Mobile. (Foto: Beritasatu Photo / Dok. Bank DKI)
Feriawan Hidayat / FER Selasa, 9 Juni 2020 | 11:39 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akhirnya memperpanjang pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi di era pandemi virus corona (Covid-19).

Baca Juga: Penumpang KRL Dilarang Berbicara dan Menelpon

Dalam masa PSBB transisi, Pemprov DKI Jakarta melakukan pelonggaran beberapa sektor, salah satunya transportasi umum. Meski demikian, ada beberapa protokol kesehatan yang harus selalu diperhatikan, salah satunya kapasitas penumpang transportasi umum.

Berkaitan dengan jam operasional sektor transportasi publik yang kembali normal pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi, Bank DKI mengajak masyarakat sebisa mungkin dapat menggunakan transaksi non-tunai dalam rangka menghindari kontak fisik.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini menyampaikan, bagi pemilik kartu Jakcard dan JakLingko Bank DKI yang ingin melakukan isi ulang atau top up saldo, cukup dilakukan melalui JakOne Mobile pada perangkat smartphone yang memiliki fitur near field communication (NFC).

Baca Juga: Pandemi Covid-19, Kinerja Bank DKI Tetap Tumbuh Positif

"Jadi tidak perlu isi ulang di loket. Hal tersebut kami lakukan untuk mencegah penularan Covid-19 melalui pembatasan kontak fisik, agar masa PSBB ini dapat segera berlalu dan aktivitas ekonomi kembali berjalan dengan normal,” kata Herry Djufraini dalam keterangan persnya kepada Beritasatu.com, di Jakarta, Selasa (9/6/2020).

Herry menjelaskan, untuk melakukan isi ulang atau top up saldo JakCard dan JakLingko, nasabah cukup login pada aplikasi JakOne Mobile di perangkat smartphone. Selanjutnya, pilih opsi isi ulang JakCard, tempel JakCard di belakang perangkat smartphone dan tap pilihan 'tempel kartu', pilih nominal pengisian kemudian pilih sumber dana dari uang elektronik JakOne Pay atau rekening tabungan.

"Selain isi ulang atau top up saldo JakCard dan JakLingko, nasabah juga dapat melakukan isi ulang dan top up saldo GoPay melalui JakOne Mobile,” jelasnya.

Baca Juga: DKI Relaksasi Skema Pencairan KJP Plus

Selain di transportasi publik, tambah Herry, JakCard juga bisa dimanfaatkan sebagai tiket masuk kawasan wisata seperti Monumen Nasional, Museum Seni dan Keramik, Gelanggang Olahraga, Taman Margasatwa Ragunan maupun Ancol.



Sumber: BeritaSatu.com