3.500 WNI Migran Tiba Melalui Pelabuhan Tanjung Priok

3.500 WNI Migran Tiba Melalui Pelabuhan Tanjung Priok
Evakuasi ABK migran di dermaga JICT II Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara melibatkan satuan Kopaska dan berbagai instansi terkait, Selasa (2/6/2020) pagi. (Foto: Suara Pembaruan / Carlos Roy Barus)
Carlos Roy Fajarta / HS Rabu, 10 Juni 2020 | 11:10 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sebanyak 3.500 WNI yang bekerja di luar negeri (migran), khususnya anak buah kapal (ABK), telah dipulangkan kembali ke Indonesia akibat pandemi virus corona (Covid-19) melalui Pelabuhan Tanjung Priok hingga Rabu (10/6/2020).

Hal tersebut disampaikan Komandan Satgas Evakuasi, Brigjen TNI (Mar) Hermanto saat meninjau kedatangan 241 WNI dengan menggunakan kapal MV Island Princess.

"Sejak evakuasi hingga hari ini sudah ada 13 kapal yang sandar di perairan dengan jarak 2,5 nautical mile dari dermaga JICT II Pelabuhan Tanjung Priok ini dengan jumlah yang sudah tiba 3.500 orang," ujar Hermanto.

Dia menyebutkan ketibaan WNI hari ini adalah mereka yang bekerja dari Florida (Amerika Serikat). Mereka dievakuasi dari kapal MV Island Princess menggunakan 4 tandem boot yang kemudian diberangkatkan ke hotel yang sudah ditentukan oleh agen mereka masing-masing.

"Memang di dermaga ini tidak lagi dilakukan swab tes, mereka akan melaksanakan tes PCR tersebut di hotel masing-masing. Di kapal mereka memang sudah melaksanakan rapid tes dan hasilnya tidak ada yang reaktif," tambahnya.

MV Island Princess merupakan kapal dengan pangkalan di Inggris dan Amerika. Kapal ini berbendera Bermuda dan telah berlayar dari Cape Town, Afrika Selatan menuju Jakarta untuk berlabuh selama 5 hari dalam rangka menyelesaikan perijinan. Kapal ini selanjutnya akan menuju Manila Filipina.



Sumber: BeritaSatu.com