Pembukaan Mal di Depok, Tunggu Evaluasi

Pembukaan Mal di Depok, Tunggu Evaluasi
Petugas kebersihan menggunakan alat pelindung diri saat membersihkan area dalam Mall Margo City, Depok, Jawa Barat, Selasa, 9 Juni 2020. (Foto: Beritasatu Photo / Uthan A Rachim)
Bhakti Hariani / YUD Jumat, 12 Juni 2020 | 19:59 WIB

Depok, Beritasatu.com - Pembukaan mal di Kota Depok, Jawa Barat yang direncanakan pada tanggal 16 Juni 2020, masih menunggu hasil evaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara proporsional.

"Sampai saat ini belum ada niatan untuk membuka pusat belanja, mal, tempat hiburan, taman maupun tempat wisata yang tersebar di Kota Depok khususnya sepanjang Jalan Raya Margonda sebagai antisipasi penyebaran Covid-19 yang masih dirasakan sangat besar serta terlalu riskan untuk dibuka," ujar Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok Mohammad Idris, Jumat (12/6/2020) di Depok, Jawa Barat.

Lebih lanjut dikatakan Idris, Pemkot Depok akan mengevaluasi keberadaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional pada Jumat hingga Sabtu (12-13 Juni 2020) untuk melihat sampai sejauh mana kondisi di lapangan terkait penanganan Covid-19 yang dilakukan di Kampung Siaga Covid-19 tingkat RW dan kelurahan.

Diungkap Idris, dari data yang diperoleh ada kelurahan yang sebelumnya nol atau di luar zona hijau dan kuning kini malah masuk ke dalam zona merah seperti di Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas. Sehingga perlu diantisipasi sejak awal.

"Contohnya Taman Lembah Gurame dan taman kelurahan lain yang masih rawan atau masuk zona merah atau kuning jelas tidak diperkenankan taman dibuka untuk umum," tutur Mohammad Idris.

Pemerintah Kota Depok juga terus membangun komunikasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Sebab, keberadaan Kota Depok sebagai penyangga ibu kota juga membawa pengaruh, sehingga perlu adanya komitmen untuk memerangi Covid-19 secara bersama-sama.

"Pembukaan mall harus ada sinkronisasi dengan Jakarta. Sebab di kami ada mall yang berbatasan langsung dengan Jakarta seperti Margocity, Depok Town Square (Detos) dan Transmart Cibubur. Ini menjadi kekahwatiran kami jika Depok membuka mall lebih dulu, maka diprediksi akan diserbu masyarakat. Jadi kami akan sangat hati-hati sekali," tutur Idris.



Sumber: BeritaSatu.com