Pemkot Depok Beri Keringanan Pembayaran PBB

Pemkot Depok Beri Keringanan Pembayaran PBB
Loket khusus pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) 2018 di Lapangan Balai Kota Depok. (Foto: Suara Pembaruan / Bhakti Hariani)
Bhakti Hariani / HS Sabtu, 13 Juni 2020 | 08:27 WIB

Depok, Beritasatu.com - Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok memberikan keringanan untuk pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) bagi warga prasejahtera, veteran, serta pensiunan. Potongan biaya yang diberikan melalui program tersebut sekitar 45-75 persen.

"Kami memiliki program khusus pengurangan biaya PBB bagi masyarakat yang kurang mampu, veteran dan pensiunan. Syaratnya hanya melampirkan KTP, foto kopi Surat Keputusan (SK) pensiun atau Surat Keterangan Tidak Mampu dari Dinas Sosial (Dinsos) atas rekomendasi kelurahan setempat," ujar Kepala Bidang Pajak Daerah II BKD Kota Depok Muhammad Reza di Depok, Jawa Barat, Jumat (12/6).

Reza menuturkan, potongan biaya yang diberikan berbeda-beda. Untuk veteran sebesar 75 persen, sedangkan pensiunan serta warga prasejahtera 40 persen.

"Bagi mereka yang ingin mengajukan pengurangan biaya, disarankan melengkapi berkas yang diminta ke loket layanan kami di Kantor PBB Balai Kota Depok. Setelah keluar SK pengurangan, baru mereka bisa bayar di bank atau marketplace yang bekerja sama dengan kami," papar Reza.

Reza mengungkapkan, pengurangan biaya ini berlaku untuk satu bidang tanah yang dimiliki. Artinya, jika masyarakat memiliki lebih dari satu bidang tanah, tidak bisa dikurangi seluruhnya.

"Jadi, kalau warga tersebut memiliki lima bidang tanah, hanya satu yang bisa diajukan agar mendapatkan keringanan biaya. Untuk luasan, tidak ada syarat khusus. Mudah-mudahan program ini bisa membantu mereka yang membutuhkan," tutur Reza.



Sumber: BeritaSatu.com