Ribuan Personel TNI-Polri Kawal Pengamanan dan Pengawasan Mal

Ribuan Personel TNI-Polri Kawal Pengamanan dan Pengawasan Mal
Lippo Malls di wilayah DKI Jakarta siap buka 15 Juni 2020. (Foto: Dok )
Bayu Marhaenjati / FMB Senin, 15 Juni 2020 | 13:29 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sebanyak 2.702 personel gabungan TNI-Polri diturunkan untuk melakukan pengamanan sekaligus pengawasan, terkait penerapan protokol kesehatan untuk antisipasi penyebaran Covid-19 di 243 mal di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Sebanyak 2.702 personel, terdiri dari TNI 1.293 dan Polri 1.409 personel. Ada 243 mal yang diamankan untuk wilayah hukum Polda Metro Jaya," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus, Senin (15/6/2020).

Dikatakan Yusri, personel telah ditempatkan di setiap mal untuk melakukan pengamanan dan pengawasan terkait pendisiplinan protokol kesehatan.

"Jadi yang jaga di situ, TNI, Polri sama Satpol PP, tapi yang dikedepankan TNI-Polri sesuai perintah pak Presiden. Tujuannya apa untuk mendisiplinkan masyarakat sesuai dengan protokol kesehatan. Protokol kesehatan mulai dari pakai masker sampai dengan hindari kerumunan, namun dilakukan secara persuasif dan humanis," ungkapnya.

Yusri menyampaikan, petugas akan membangun posko di mal, kemudian melakukan pengawasan mulai dari pintu masuk maupun di dalam mal. Meminta pengunjung untuk menjalankan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak atau physical distancing.

"Sampai ke dalam kita. Caranya seperti apa, mulai mereka masuk dari depan, kita juga keliling sambil melihat-lihat kalau ada salah kita tegur. Secara persuasif dan humanis supaya masyarakat bisa sadar dulu," katanya.



Sumber: BeritaSatu.com