Ketua DPRD: Pembukaan Mal Gairahkan Perekonomian Jakarta

Ketua DPRD: Pembukaan Mal Gairahkan Perekonomian Jakarta
Pengunjung mulai berbelanja di Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin, 15 Juni 2020. (Foto: Beritasatu Photo / Joanito De Saojoao)
Yustinus Paat / FER Senin, 15 Juni 2020 | 21:07 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi, menyambut baik pembukaan kembali pusat perbelanjaan dan mal di Jakarta. Pembukaan mal diharapkan dapat menggairahkan kembali perekonomian Jakarta yang sempat lesu akibat dampak pandemi virus corona (Covid-19).

Baca Juga: Mal Tamini Square Mulai Dibuka untuk Umum

"Mal termasuk pusat perbelanjaan, notabene merupakan salah satu pusat perputaran perekonomian. Kita harapkan, pembukaan mal dapat menghidupkan kembali perekonomian Jakarta," ujar Prasetio di Jakarta, Senin (15/6/2020).

Menurut Prasetio, salah satu dampak ekonomi pembukaan mal adalah, menyedot kembali tenaga kerja yang sebelumnya sempat dirumahkan dan mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) karena pandemi Covid-19.

"Ini kenyataan yang harus dihadapi. Perputaran perekonomian rakyat itu salah satunya ada di pusat perbelanjaan. Bayangkan sudah berapa banyak karyawan dan pekerja yang dirumahkan karena penutupan mal kemarin," tegas Prasetio.

Baca Juga: Ketua DPRD Ingatkan Warga Tak Bawa Anak ke Mal

Diketahui, mulai hari ini, Senin, 15 Juni, mal dan pasar di Jakarta kembali dibuka. Berdasarkan data Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jakarta, terdapat 80 mal yang dibuka hari ini. Mal dibuka mulai Pukul 11.00 WIB hingga Pukul 20.00 WIB.

Pengelola, pekerja dan pengunjung mal wajib mematuhi protokol kesehatan, mulai dari pakai masker, jaga jarak aman, cuci tangan di air mengalir pakai sabun sampai pembatasan pengunjung mal 50 persen dari kapasitas.



Sumber: BeritaSatu.com