Pemkot Depok Izinkan Kegiatan Olahraga

Pemkot Depok Izinkan Kegiatan Olahraga
Wali Kota Depok, Mohammad Idris, saat berolahraga tenis meja di Balai Rakyat Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (23/6/2020). (Foto: Beritasatu.com / Bhakti Hariani)
Bhakti Hariani / FER Selasa, 23 Juni 2020 | 18:17 WIB

Depok, Beritasatu.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok secara resmi membuka kembali kegiatan olahraga, sebagai bagian dari persiapan menuju adaptasi kebiasaan baru (AKB) di masa pandemi virus corona atau Covid-19.

Baca Juga: Pemkot Depok Imbau Lansia Hindari Bepergian

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, seluruh kegiatan dari bebagai macam cabang olahraga sudah diperbolehkan beraktivitas. Pasalnya, saat ini Kota Depok sudah berada dalam zona kuning menuju zona hijau.

"Dibukanya kembali Gelanggang Olahraga (GOR) merupakan tahapan realisasi PSBB Proporsional menuju AKB. Seluruh olahraga indoor dan outdoor sudah diperbolehkan asal tidak mengundang kerumunan," ujar Idris usai berolahraga di Balai Rakyat Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (23/6/2020).

Meski demikian, Idris mengimbau kepada seluruh pihak agar tetap menerapkan protokol kesehatan saat berolahraga. Arahan tersebut tercantum dalam Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 37 Tahun 2020.

"Untuk kompetisi masih belum diperbolehkan. Hanya latihan bersama, mandiri, dan pengembangan atlet yang diizinkan dengan catatan jumlah peserta terbatas," ujar Idris.

Baca Juga: Kota Depok Siap Gelar Pilkada Serentak 2020

Diungkap Idris, kegiatan olah raga, latihan mandiri, latihan bersama, ujian, dan seleksi atlet, dilakukan dengan jumlah peserta terbatas. Demikian pula untuk kegiatan latihan seni musik, tari dan budaya lainnya.

"Sehubungan hal tersebut, kepada para pihak agar berkomitmen dalam menjalankan protokol kesehatan, hal ini dilakukan untuk keselamatan kita semua," kata Idris.

Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok, Eko Herwiyanto menuturkan, untuk sarana pusat kebugaran dan kolam renang masih belum diizinkan beroperasi. "Sebabnya, kedua tempat tersebut berpotensi menimbulkan kerumunan massa," kata Eko.

Eko menambahkan, pihaknya juga sudah menginstruksikan agar pengelola GOR mematuhi aturan yang telah dikeluarkan oleh Pemkot Depok. Salah satunya terkait protokol kesehatan.

Baca Juga: Pemkot Depok Pastikan Mal Buka Sesuai Jadwal

"Pengunjung GOR harus mengenakan masker, menjaga jarak fisik, rajin mencuci tangan, dan membatasi jumlah pengunjung yang datang," pungkas Eko.



Sumber: BeritaSatu.com