PPDB Daring, Pemprov DKI Kembali Imbau Siswa Tak Lolos Jalur Zonasi Ikut Jalur Prestasi

PPDB Daring, Pemprov DKI Kembali Imbau Siswa Tak Lolos Jalur Zonasi Ikut Jalur Prestasi
Ilustrasi penerimaan peserta didik baru. (Foto: Antara)
Yustinus Paat / JEM Senin, 29 Juni 2020 | 12:21 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta Nahdiana mengimbau siswa atau calon peserta didik baru yang belum lolos seleksi melalui jalur zonasi untuk ikut seleksi melalu jalur prestasi akademik. Jalur ini, kata Nahdiana, khusus untuk mengakomodasi dan mengapresiasi calon peserta didik berprestasi secara akademis.

"Bagi peserta didik yang belum lolos seleksi maka dapat mendaftar kembali pada jalur prestasi akademis yang akan dibuka tanggal 1 sampai dengan 3 Juli 2020," ujar Nahdiana saat konferensi yang disiarkan Youtube Pemprov DKI Jakarta, Senin (29/6/2020).

Nahdiana mengatakan kuota untuk jalur prestasi akademik sebanyak 25 persen yang terdiri dari 20 persen untuk calon peserta didik baru dari DKI Jakarta dan 5 persen untuk calon peserta didik baru dari luar DKI Jakarta. Seleksi utama yang yang digunakan dalam jalur prestasi akademis ini, kata dia, memperhitungkan rata-rata nilai akademis selama 5 semester terakhir dan nilai akreditasi sekolah asal.

"Nilai rapor yang digunakan untuk jenjang SD ke SMP meliputi mata pelajaran bahasa Indonesia, matematika, ilmu pengetahuan alam, dan pendidikan kewarganegaraan. Sedangkan nilai rapor yang digunakan untuk jenjang SMP ke SMA atau SMK meliputi mata pelajaran bahasa Indonesia, matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, dan bahasa bahasa Inggris," jelas dia.

Lebih lanjut, Nahdiana mengatakan proses seleksi dilakukan dengan mengurutkan dari nilai tertinggi dan nilai yang lebih rendah sesuai dengan jumlah kuota yang tersedia. Dia juga menegaskan bahwa proses seleksi dan pilihan sekolah pada jalur prestasi akademis ini tidak terikat zonasi.

"Calon peserta didik baru dapat mendaftar dan memilih sekolah di seluruh wilayah DKI Jakarta calon peserta didik baru dapat memilih 3 pilihan sekolah sesuai dengan urutan prioritas pilihan," tutur dia.

Jika dari ketiga pilihan tersebut, tambah Nahdiana, tidak ada yang lulus seleksi, calon peserta didik baru dapat mendaftar dan memilih kembali sekolah lainnya sepanjang masa masih dalam periode seleksi jalur prestasi akademis yaitu sampai dengan tanggal 3 Juli 2020 pukul 15.00 WIB.

"Proses yang sudah dilalui ini kami sudah berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan sudah sesuai dengan peraturan Kementerian yang ada," pungkas dia. 



Sumber: BeritaSatu.com