Pemkot Bekasi Raih Opini WTP Kelima Kalinya

Pemkot Bekasi Raih Opini WTP Kelima Kalinya
Jajaran ASN Pemkot Bekasi meluapkan kegembiraannya saat meraih opini WTP tahun anggaran 2019 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi Selatan, Senin, 29 Juni 2020. (Foto: Humas Pemkot Bekasi)
Mikael Niman / CAH Selasa, 30 Juni 2020 | 19:25 WIB

Bekasi, Beritasatu.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi kembali meraih penilaian opini wajar tanpa pengecualian (WTP) terhadap penggunaan anggaran daerah tahun 2019. Ini merupakan raihan opini WTP yang kelima kalinya secara berturut-turut, sejak kepemimpinan Wali Kota Rahmat Effendi.

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Jawa Barat, mengumumkan terdapat empat kota/kabupaten yang meraih penilaian opini WTP atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2019 di Jawa Barat.

Keempat wilayah tersebut adalah Kota Bekasi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Indramayu.

Baca JugaKota Bekasi Raih Juara Inovasi Daerah Menuju Normal Baru

“Kita sangat bersyukur dengan pengelolaan keuangan yang semakin baik. Diharapkan, kepuasan warga juga akan lebih baik lagi,” ujar Rahmat Effendi, Selasa (30/6/2020).

Namun demikian, kata dia, peningkatan dan evaluasi harus terus dilakukan perbaikan guna meningkatkan kualitas laporan keuangan di tahun berikutnya.

“Bersama Wakil Wali Kota Bekasi, Mas Tri, dan semua OPD kita terus berupaya meningkatkan capaian di semua lini penyelenggaraan pemerintahan,” imbuhnya.

Baca JugaPemulihan Ekonomi, Pemkot Bekasi Bentuk Satgas Disiplin

Opini WTP diberikan dalam hal penyusunan laporan keuangan daerah yang sudah memenuhi standar akuntansi pemerintahan sesuai dengan amanat PP 71 Tahun 2010, kecukupan pengungkapan, sistem pengendalian intern dan kepatuhan terhadap perundang-undangan dalam pengelolaan keuangan daerah.

Wali Kota Bekasi berharap, capaian ini akan lebih memacu semangat aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Bekasi dalam menjalankan tugas penyerapan dan penggunaan anggaran.

“Rasa syukur kita ucap terus-menerus dan walaupun memang belum sempurna. Di tengah pandemi ini kita terus berusaha dan hasilnya kita kembali meraih WTP kelima secara berturut-turut,” imbuhnya. 

 



Sumber: BeritaSatu.com