Logo BeritaSatu

Mendesak, Regulasi Keamanan dan Keselamatan Sepeda

Selasa, 30 Juni 2020 | 22:21 WIB
Oleh : Bayu Marhaenjati / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Penggunaan sepeda sebagai alat transportasi dan olahraga semakin marak, di jalan Ibu Kota Jakarta. Sehingga penting untuk segera dibuatkan regulasi yang mengaturnya.

Pemerhati masalah transportasi Budiyanto mengatakan, regulasi yang sangat urgent atau penting dibuat adalah berkaitan dengan aspek keamanan dan kesalamatan pengendara sepeda.

"Hal yang sangat urgent dan penting adalah berkaitan dengan aspek keamanan dan keselamatan pengendara sepeda. Kita sama-sama tahu karena kapasitas jalan kita yang terbatas. Jalur sepeda masih ada yang berada di bahu jalan atau lajur paling kiri, bahkan ada yang ditempatkan di trotoar sehingga trotoar berfungsi ganda untuk pejalan kaki dan pesepeda," ujar Budiyanto kepada Beritasatu.com, Selasa (30/6/2020).

Dikatakan Budiyanto, hal yang perlu diperhatikan untuk keamanan dan keselamatan sepeda antara lain, tempatkan pada jalur khusus bagian jalan paling kiri dan dibuatkan marka dengan gambar sepeda, rambu-rambu dan reflektor. Kemudian, kurangi lajur-lajur diberlakukannya mix traffic pada jalur sepeda karena akan menggganggu keamanan dan keselamatan pesepeda.

"Untuk keselamatan, sepeda dilengkapi dengan lampu apabila digunakan untuk kegiatan malam hari. Pengendara menggunakan helm yang safety dan pengendaranya menggunakan pakaian yang memiliki sarana pelindung untuk menghindari atau mengurangi cedera apabila ada trouble, kecelakaan dan sebagainya," ungkapnya.

Budiyanto melanjutkan, harus ada kegiatan-kegiatan yang pararel dari para stakeholder yang bertanggungjawab pada bidang lalu lintas dan angkutan jalan. Semisal, melakukan kegiatan preemtif berupa sosialisasi terhadap keamanan dan keselamatan lalu lintas, kemudian kampanye keselamatan, penerangan dan penyuluhan.

"Lalu kegiatan preventif atau pencegahan dengan melakukan penjagaan, patroli, dan pengaturan pada lokasi-lokasi rawan. Selanjutnya, kegiatan represif atau penegakan hukum berupa penilangan atau teguran," katanya.

Menurut Budiyanto, masalah keamanan dan keselamatan menjadi prioritas baik pesepeda maupun pengguna jalan lainnya. "Ingat bahwa kecelakaan lalu lintas biasanya diawali dari pelanggaran lalu lintas. Pentingnya pemberian pemahaman tentang tata cara berlalu lintas yang benar kepada masyarakat secara umum sehingga semua menyadari akan hak dan kewajiban pada saat berlalu lintas," jelasnya.

Menyoal apakah sepeda perlu ditarik pajak, Budiyanto menegaskan, hal itu kurang tepat. Sebab, sepeda merupakan sarana tranportasi yang dapat berfungsi ganda. Pertama untuk menunjang aktivitas yang memerlukan mobilitas dan dapat digunakan sebagai sarana menyehatkan masyarakat serta mengurangi polusi atau meningkatkan kualitas udara.

"Sepeda dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat bawah, menengah dan atas. Kalau perlu pemerintah mendorong masyarakat untuk gemar bersepeda. Bila memungkinkan pemerintah memberikan subsidi atau kemudahan akses untuk mendapatkan sepeda aman, nyaman dan berkeselamatan. Salah satu tujuan negara adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tandasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Malaysia Akan Cabut Aturan Wajib Masker di Penerbangan

Malaysia akan mencabut aturan wajib masker di dalam penerbangan yang diberlakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

NEWS | 29 September 2022

Satgas Covid-19: Kebijakan Wajib Masker Masih Berlaku

Satgas Covid-19 menyatakan, pemerintah belum berencana mencabut kebijakan wajib masker seperti yang dilakukan negara lain.

NEWS | 29 September 2022

Tiongkok Tolak Keras Perbandingan Ukraina dengan Taiwan

Tiongkok bereaksi terhadap perbandingan antara Ukraina dengan Taiwan. Hal itu ditegaskan juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Wang Wenbin.

NEWS | 29 September 2022

Kebanjiran Pengungsi Rusia, Latvia Nyatakan Negara Darurat

Latvia mengumumkan keadaan darurat di dekat perbatasannya dengan Rusia pada Rabu (28/9/2022) setelah kebanjiran pengungsi Rusia.

NEWS | 29 September 2022

TNI AU Selidiki Penemuan Granat Asap dan Peluru di Bekasi

TNI AU masih mendalami penemuan granat asap dan peluru yang ditemukan di sebuah rumah, di Pondokgede, Kota Bekasi, Selasa, 27 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Hari Ini, Jaksel dan Jaktim Berpotensi Diguyur Hujan

BMKG DKI Jakarta menerangkan, potensi hujan disertai petir terjadi di wilayah Jaksel dan Jaktim pada sore hingga menjelang malam hari.

NEWS | 29 September 2022

Pabrik Keramik di Bekasi Diberi Waktu Perbaiki Pengolahan Limbah

Pabrik keramik PT Sarana Griya Lestari Keramik diberi batas waktu untuk memperbaiki manajemen pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3). 

NEWS | 29 September 2022

Berkas Perkara Dinyatakan Lengkap Polri Serahkan Sambo Cs ke Jaksa

Ferdy Sambo dan 11 tersangka lain kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J dan obstruction of justice segera diserahkan ke jaksa.

NEWS | 29 September 2022

Kasus dan Kematian Covid-19 Jakarta sampai 28 September 2022

Infografik tentang data kasus dan jumlah kematian Covid-19 di Jakarta sampai tanggal 28 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Jumlah Penerima Vaksin Covid-19 sampai 28 September 2022

Infografik tentang data jumlah penerima vaksin Covid-19 di Indonesia sampai dengan tanggal 28 September 2022.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Malaysia Akan Cabut Aturan Wajib Masker di Penerbangan

Malaysia Akan Cabut Aturan Wajib Masker di Penerbangan

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings