Enam Orang Positif Covid-19, Pasar Tanah Abang Ditutup Per Zona

Enam Orang Positif Covid-19, Pasar Tanah Abang Ditutup Per Zona
Suasana di Pasar Tanah Abang. (Foto: BeritaSatu Photo / Bayu Marhaenjati)
Bayu Marhaenjati / YUD Rabu, 1 Juli 2020 | 17:14 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Aktivitas perdagangan di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, berjalan seperti biasa pasca-ditemukan enam orang di mana dua diantaranya pedagang yang positif Covid-19. Pengelola hanya menutup per zona atau wilayah yang pedagangnya terpapar Covid-19, dengan tujuan agar efeknya tidak mengganggu perekonomian masyarakat.

"Ditutup, diisolasi sekitar pedagang yang memang kiosnya, pedagangnya yang terpapar Covid saja," ujar Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin saat dihubungi Beritasatu.com, Rabu (1/7/2020).

Dikatakan Arief, kios lainnya di kawasan Pasar Tanah Abang tetap buka. Hal itu dilakukan agar efeknya tidak mengganggu perekonomian masyarakat.

"Yang lain buka, karena memang itu dari sekian banyak terpaparnya hanya dua orang (pedagang). Jadi jangan sampai nanti efeknya juga ke ekonomi. Jadi kita isolasi di sekitar saja. Tapi penyemprotan disinfektan tetap dilakukan pada malam hari," ungkapnya.

Menyoal antisipasi penyebaran Covid-19 di Pasar Tanah Abang, Arief menyampaikan, pengelola memperketat penerapan protokol kesehatan di lokasi. Semisal, mewajibkan penggunaan masker, jaga jarak, mencuci tangan dan lainnya.

"Sama tetap tidak berubah, sesuai protokol covid. Itu malah kita makin diperketat. Betul ditingkatkan terkait penerapan protokol Covid-19," katanya.

Berdasarkan pantauan Beritasatu.com, kegiatan perdagangan di pasar grosir terbesar di Asia Tenggara itu, berjalan seperti biasa. Sejumlah pedagang nampak membuka kiosnya dengan sistem ganjil-genap.

Selain kios, sejumlah pedagang juga terlihat menggelar dagangan di lapak, di pinggir trotoar jalan kawasan Blok F. Kebanyakan, mereka menjual pakaian seperti baju anak, kemeja, daster, hingga celana pendek.

Sementara itu, puluhan personel TNI, Polri dan Satpol PP terlihat melakukan pengamanan di lokasi. Sebagian personel melakukan penjagaan dan pengawasan di depan jalan masuk pasar. Sementara, personel lainnya berada di dalam posko.

Salah satu juru parkir bernama Udin (42) mengatakan, tidak ada perubahan terkait jumlah pengunjung atau pembeli yang datang ke Pasar Tanah Abang.

"Biasa aja, ya cukup ramai. Kalau pagi ramainya. Siang sama sore agak sepi. Tapi ramainya nggak kayak sebelum Covid," katanya.



Sumber: BeritaSatu.com