Logo BeritaSatu

Pemprov DKI Optimistis Sampah Plastik Berkurang

Minggu, 5 Juli 2020 | 22:57 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Andono Warih, mengaku optimistis pemberlakuan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan dan Pasar Rakyat sejak 1 Juli 2020 lalu, bisa mengurangi volume sampah plastik yang ada di Jakarta.

Baca Juga: Ini Aturan Lengkap Pelarangan Kantong Plastik

"Kami yakin (bisa mengurangi volume sampah plastik di Jakarta). Kita memerlukan kebijakan untuk menangani masalah sampah plastik ini. Menginggat pengelolaan sampah plastik sudah menjadi masalah global tidak saja masalah lokal Indonesia,” ujar Andono saat dihubungi, Minggu (5/7/2020).

Andono mengatakan, sampah yang masuk ke tempat pembuangan sampah terpadu (TPST) Bantargebang berdasarkan data tahun 2019, sudah mencapai angka 7.702 ton per hari. Dari jumlah tersebut, terbanyak adalah sampah plastik, sekitar 34 persen.

"Hal ini disebabkan jenis kantong kresek tidak laku dikumpulkan oleh pemulung untuk di daur ulang oleh industri. Selain itu, sampah jenis ini membutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun untuk terdekomposisi secara alamiah," paparnya.

Sementara, kata Andono Warih, kantong plastik sekali pakai atau kantong kresek yang dihasilkan oleh pusat perbelanjaan, toko swalayan dan pasar rakyat mencapai 35 ton per hari. Dengan adanya pergub ini, diharapkan terjadi pengurangan sampah plastik jenis tersebut.

Baca Juga: Pelarangan Kantong Plastik Dinilai Berjalan Baik

"Secara bertahap, kita mulai dari pembatasan kantong plastik sekali pakai atau kantong kresek. Jenis ini banyak substitusinya, sehingga kami menyakini tidak akan merepotkan masyarakat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Andono Warih mengakui, kampanye pengunaaan kantong belanja ramah lingkungan (KBRL) telah dilakukan di DKI Jakarta sejak 2017. Kemudian, setelah Pergub 142 Tahun 2019 mulai berlaku, enam bulan terhitung sejak tanggal diundangkan sejak 27 Desember 2019, pihaknya sudah melakukan sosialisasi.

"Kami telah melakukan sosialisasi secara masif kepada pengelola dan pelaku usaha di mal, toko swalayan dan pasar rakyat sejak enam bulan lalu terkait penggunaan kantong belanja ramah lingkungan ini,” paparnya.

Menyoal metode sosialisasinya pun beragam. Pertama, menyebarluakan Surat Edaran Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan template contoh himbauan (poster/banner/spanduk) tanggal 20 Januari 2020 tentang pelaksanaan sosialisasi dan edukasi kepada pengelola pusat perbelanjaan, toko swalayan dan pasar rakyat.

Baca Juga: Gunakan Kantong Plastik Sekali Pakai, Ini Sanksinya

Kedua, monitoring dan sosialisasi langsung ke lokasi sebanyak 85 lokasi pusat perbelanjaan/mal, toko swalayan sebanyak 2.000 lebih lokasi, dan pasar rakyat sebanyak 158 lokasi. Ketiga, melakukan sosialisai kepada masyarakat berupa berita di media cetak, online maupun televisi.

"Terakhir memberikan kembali surat edaran Kepala Dinas Lingkungan Hidup tanggal 15 Juni 2020 tentang persiapan penerapan Pergub Nomor 142 Tahun 2019 kepada asosiasi pengelola pusat perbelanjaan Indonesia (APPBI) dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), 3 kantor pusat toko swalayan yaitu Carrefour, Indomaret dan AlfaMart, 85 pengelola pusat perbelanjaan, 2.000 lebih penanggungjawab toko swalayan dan 158 kepala pasar rakyat," tanas Andono Warih.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tragedi Kanjuruhan, PSSI Hentikan Liga 1 Selama Sepekan

Buntut tragedi Kanjuruhan, PSSI memutuskan untuk menghentikan BRI Liga 1 2022/2023 selama satu pekan dan melarang Arema FC menjadi tuan rumah.

NEWS | 2 Oktober 2022

Korban Tewas dalam Tragedi Kanjuruhan Dikabarkan Bertambah Jadi 62 Orang

Korban tewas dalam kerusuhan di Stadion Kanjuruhan usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya dikabarkan bertambah menjadi 62 orang. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Arema FC Akan Dilarang Jadi Tuan Rumah di Sisa Musim Liga 1

Komisi Disiplin PSSI menegaskan bahwa Arema FC bisa terkena sanksi tidak dapat menjadi tuan rumah di sisa laga BRI Liga 1 2022/2023.

NEWS | 2 Oktober 2022

Video: Gas Air Mata Bikin Massa di Kanjuruhan Panik

Insiden tragis pasca pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya, Sabtu (1/10/2022) diduga disebabkan karena penggunaan gas air mata di Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ini Video Ribuan Suporter Merangsek Masuk Lapangan

Beredar video yang menunjukkan suporter merangsek masuk lapangan usai laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan: Aturan FIFA, Gas Air Mata Terlarang

Insiden tragis pasca pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) diduga disebabkan karena penggunaan gas air mata.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, PSSI: Arema Bisa Kena Sanksi Keras

Kerusuhan terjadi di Stadion Kanjuruhan setelah laga BRI Liga 1 antara Arema FC dan Persebaya Surabaya, Sabtu, 1 Oktober 2022.

NEWS | 2 Oktober 2022

Persebaya Berduka atas Korban Tewas dalam Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

Persebaya Surabaya menyampaikan duka cita atas jatuhnya korban jiwa dalam kerusuhan usai laga melawan Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi di Kanjuruhan, PSSI Segera Investigasi

PSSI segera melakukan investigasi terkait kerusuhan yang berujung tragedi di dalam Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022).

NEWS | 2 Oktober 2022

Gas Air Mata Dituding Penyebab Jatuhnya Korban di Kanjuruhan

Insiden tragis pasca pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya dipandang karena tembakan gas air mata di dalam Stadion Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Wali Kota Makassar Ajak Milenial Kenal Lebih Dekat Alutsista

Wali Kota Makassar Ajak Milenial Kenal Lebih Dekat Alutsista

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings