Cerita Petugas Kebersihan Kembalikan Uang Rp 500 Juta di KRL Bogor

Cerita Petugas Kebersihan Kembalikan Uang Rp 500 Juta di KRL Bogor
Ilustrasi rupiah. (Foto: Beritasatu Photo / Uthan A Rachim)
Vento Saudale / FMB Jumat, 10 Juli 2020 | 10:40 WIB

Bogor, Beritsatu.com - Mujenih petugas kebersihan atau cleaning service KRL Commuterline menemukan uang tunai Rp 500 juta saat membersihkan kabin kereta di Stasiun Besar Bogor. Tanpa pamrih ia pun mengembalikan kepada sang pemilik.

Kepada Beritasatu.com Mujenih bercerita, selama 30 hidupnya belum pernah melihat uang berjumlah banyak, apalagi sampai memegangnya.

Peristiwa itu terjadi pada Senin 6 Juli 2020 sekitar pukul 16.00 WIB, saat itu, sebagai petugas tim on train cleaning (OTC) dirinya mulai membersihkan kereta yang terparkir di peron lima. Ratusan uang ditemukan, di gerbong ketiga berada di bawah kursi tempat duduk prioritas.

“Uang dalam plastik, ditaruh di bawah. Saya kira sampah. Kaget isinya banyak uang pecahan seratus ribuan,” ceritanya, Kamis (9/7/2020).

Pascditemukan, ia mengaku kaget dan belum sempat menghitungnya dan tanpa berpikir panjang Mujenih langsung menyerahkan kepada pihak keamanan Stasiun Bogor. Kepada petugas, ia menyerahkan bungkusan plastik hitam dan setelah dihitung berjumlah Rp500 juta.

Tidak lama berselang, sekitar 10 menit tiba seorang lansia laki-laki mengaku kehilangan saat turun dari KRL. Setelah diberikan dan mengisi lampiran form pengembalian barang, laki-laki itu pun mendapatkan kembali uangnya.

“Awalnya saya tanya, uang hilang uang berapa, dia jawab Rp 500 juta. Sepertinya orangnya sudah pikun. Saya juga kasihan,” katanya.

Temuan uang tersebut, tambah Mujenih, memang bukan yang pertama kalinya terjadi di Stasiun Bogor. Namun, temuan kali ini yang terbesar nominalnya.

"Iya paling besar ini, saya sudah kerja di sini tiga tahun. Dulu pernah temuan juga tapi Rp 50 juta. Mudah-mudahan gak terjadi lagi, penumpang saya harap lebih hati-hati bawa barang apalagi uang," tutupnya.

Ia pun mengerti betul bilang uang sebanyak itu bukan miliknya. Dia pub mengaku hidup sederhana, Mujenih berfikir bila uang tersebut mungkin sangat dibutuhkan orang lain. Setelah bertemu, penumpang hanya berterima kasih dan pergi.

“Ya berpikir positif aja Mas, mungkin orang itu lagi butuh uang banyak. Bisa jadi buat berobat atau modal usaha. Saya gak tega,” tambahnya.

Kabar temuan uang dengan nominal fantastis ini pun sempat viral di media sosial. Banyak warganet yang mengapresiasi petugas tersebut karena kejujurannya. Akun Instagram @infodepok_id, petugas itu sedang memeriksa ponsel yang di hadapannya terdapat tumpukan uang pecahan Rp 100.000 di atas meja kerja.

Mujenih

Terpisah, VP Corporate Communications PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) Anne Purba membenarkan adanya temuan uang yang telah diserahkah oleh petugas. Saat ini, uang tersebut telah dikembalikan kepada pemiliknya.

Namun, Anne tak menjelaskan secara rinci tentang kronologi penemuan uang sejumlah Rp 500 juta itu. Menurut dia, saat ini uang tersebut telah dikembalikan kepada pemiliknya. Adapun pengembalian uang Rp 500 juga itu juga disertakan tanda bukti berupa formulir serah terima barang dari PT KCI.



Sumber: BeritaSatu.com