2.000 Lebih Personel Satpol PP DKI Dikerakan Awasi Aktivitas Warga

2.000 Lebih Personel Satpol PP DKI Dikerakan Awasi Aktivitas Warga
Petugas Satpol PP Jatinegara menutup toko mainan di Pasar Gembrong, Jakarta Timur, Selasa (2/6/2020) karena beroperasi selama masa pandemi Covid-19. (Foto: Handout)
Hotman Siregar / FMB Sabtu, 11 Juli 2020 | 12:18 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Satpol PP Provinsi DKI Jakarta Arifin menyatakan, sanksi tegas berupa denda dan sosial telah diterapkan di tengah-tengah aktivitas masyarakat. Lebih dari 2.000 personil Satpol PP sudah diterjunkan ke lokasi-lokasi aktivitas warga yang telah dibuka pada masa PSBB transisi.

"Kami telah banyak menjatuhkan tindakan tegas bagi yang tak mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan," ujar Arifin di Jakarta, Sabtu (11/7).

Arifin mengatakan, sekuat apapun sanksi yang diterapkan di lapangan, bila masyarakat tak patuh tetap penyebaran Covid-19 tidak akan terkendali. Ia menyebut, tak hanya personil Satpol PP yang diterjunkan di lapangan tetapi juga ASN yang berasal dari dinas lainnya.

Satpol PP DKI, kata Arifin, bahkan sudah diterjunkan ke sejumlah lokasi aktivitas masyarakat yang dibuka. Sementara aktivitas yang belum dibuka seperti diskotek dan lainnya tak luput dari pemantauan petugas.

"Kami terus bekerja mengawasi kegiatan warga. Bila ditemukan tak gunakan masker akan langsung dijatuhi sanksi denda dan sosial sesuai sesuai Pergub 51/2020," katanya.

Di pasar tradisional misalnya, Satpol PP telah menerjunkan lebih dari 600 personil di 147 pasar yang ada di Jakarta. Begitu juga lokasi kegiatan masyarakat seperti CFD, mall dan lainnya.

Terkait pengawasan di warung makan misalnya, petugas terus melakukan pengawasan. "Kalau melanggar kita jatuhi sanksi bahkan bisa disegel," katanya.

Arifin menyebut, seiring dengan dibukanya aktivitas masyarakat selama transisi, jumlah pelanggar protokol kesehatan yang ditindak naik dua kali lipat. "Sejali lagi, kesadaran masyarakat yang paling penting dalam mengatasi Covid-19 ini," ucapnya.



Sumber: BeritaSatu.com