500 Warga Jalani Tes Cepat di CFD Kota Bekasi

500 Warga Jalani Tes Cepat di CFD Kota Bekasi
Personel gabungan menyeleksi pengunjung yang mengikuti pelaksanaan car free day di Kota Bekasi, Minggu pagi, 12 Juli 2020. (Foto: Suara Pembaruan/Mikael Niman)
Mikael Niman / CAH Minggu, 12 Juli 2020 | 14:32 WIB

Bekasi, Beritasatu.com - Sebanyak 500 warga yang memiliki kartu tanda penduduk (KTP) Kota Bekasi menjalani tes cepat (rapid test) saat pelaksanaan hari bebas kendaraan bermotor (car free day/CFD), Minggu (12/7/2020). Tes cepat diselenggarakan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi Selatan.

“Pagi ini kita siapkan 500 alat rapid test bagi masyarakat yang mengikuti car free day,” ujar Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, Minggu (12/7/2020).

Pemeriksaan tes cepat dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini dilakukan secara acak kepada pengunjung CFD. Pemeriksaan tes cepat dilakukan kepada pengunjung yang tidak mengenakan masker dan kepada masyarakat yang memiliki gejala atau berinteraksi dengan orang yang terkonfirmasi Covid-19.

Baca Juga: Pemkot Bekasi Antisipasi Lonjakan Covid-19

Hasil tes cepat segera diketahui hari ini juga. Apabila ditemukan warga yang reaktif maka Pemerintah Kota Bekasi akan melakukan pemeriksaan lanjutan melalui tes swab PCR untuk dilakukan perawatan di rumah sakit rujukan.

Seleksi Pengunjung CFD

Personel gabungan yang terdiri dari Polrestro Bekasi Kota, Kodim 0507/Kota Bekasi serta Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kota Bekasi menyeleksi pengunjung CFD.

Bagi para lanjut usia (lansia), ibu hamil dan anak-anak di bawah umur 9 tahun tidak diperkenankan memasuki area CFD, sepanjang Jembatan Layang KH Noer Ali Summarecon, Bekasi Utara hingga Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan. 

Baca Juga: Masuk Zona Hijau Covid-19, Pemkot Bekasi Akan Buka Sekolah

Tak henti-hentinya, petugas melakukan sosialisasi melalui pengeras suara agar warga menerapkan protokol kesehatan, menjaga jarak aman, seta menyeleksi pengunjung yang dilarang memasuki area CFD.

“Kami mengimbau kepada masyarakat yang melaksanakan car free day untuk tidak berkerumunan dan tidak berjabat tangan atau rangkulan. Petugas mengarahkan untuk tetap menjaga jarak aman,” ujar Kapolrestro Bekasi Kota, Kombes Pol Wijonarko.

Kapolrestro Bekasi Kota bersama Wakil Wali Kota Bekasi serta Komandan Kodim 0507/Kota Bekasi Letkol Arm Iwan Apriansyah melaksanakan pengamanan saat pelaksanaan CFD mulai pukul 06.00-08.30 WIB. 



Sumber: BeritaSatu.com