Camat Kebayoran Lama Jadi Pelaksana Tugas Lurah Grogol Selatan

Camat Kebayoran Lama Jadi Pelaksana Tugas Lurah Grogol Selatan
Djoko Tjandra. (Foto: Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia)
/ BW Senin, 13 Juli 2020 | 09:32 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Camat Kebayoran Lama menjadi pelaksana tugas harian (PLH) Lurah Grogol Selatan yang ditinggalkan oleh Asep Subahan.

Asep dinonaktifkan dari jabatannya karena kasus menerbitkan kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) Djoko Tjandra.

Camat Kebayoran Lama Aroman Nimbang, saat dihubungi di Jakarta, Senin (13/7/2020), mengatakan layanan administrasi di Kelurahan Grogol Selatan tetap berjalan seperti biasa.

"Tugas dan fungsi Lurah Grogol Selatan dialihkan pelaksana harian, saya ambil alih peran fungsi lurah sehari-hari," kata Aroman.

Menurut Aroman, penonaktifan Asep Subahan dari jabatan Lurah Grogol Selatan terhitung mulai 9 Juli 2020. Camat mengambil alih tugas dan fungsi lurah sebagai PLH sejak 10 Juli 2020.

Sejak penerbitan KTP milik buronan kasus korupsi pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali dengan nama lengkap Joko Sugiarto Tjandra tersebut, Asep Subahan menjalani pemeriksaan yang dilakukan Inspektorat DKI Jakarta.

"Lagi proses pemeriksaan ini, mungkin ada dugaan pelanggaran disiplin, makanya dinonaktifkan sementara supaya lebih fokus jalani pemeriksaan," kata Aroman.

Aroman mengatakan, sehari-hari akan membagi tugas sebagai Camat Kebayoran Lama dan Lurah Grogol Selatan agar layanan kepada masyarakat tetap berjalan dengan baik.

"Saya masih di kelurahan, tetapi tidak bisa total, pengendalian hari-hari diserahkan ke Sekel (sekretaris lurah), tetapi tanda tangan pelayanan yang harus lurah, saya yang tanda tangan," kata Aroman.

Aroman menambahkan, peristiwa ini menjadi pembelajaran berharga bagi aparatur sipil negara lainnya terutama para lurah dalam memberikan layanan kepada masyarakat harus lebih proporsional.

"Ini jadi pelajaran bagi semua aparatur, saya berharap pelayanan tetap, memberikan pelayan terbaik kepada masyarakat sesuai proposional," kata Aroman.

Laporan Kepala Inspektorat Provinsi DKI Jakarta, Michael Rolandi kepada Gubernur DKI Jakarta, pada Sabtu (11/7/2020), menyebut bahwa Lurah Grogol Selatan telah berperan aktif yang melampaui tugas dan fungsinya dalam penerbitan KTP tersebut.



Sumber: ANTARA