Iduladha, Ditlantas Polda Metro Jaya Siapkan 28 Pos Pengamanan

Iduladha, Ditlantas Polda Metro Jaya Siapkan 28 Pos Pengamanan
Ilustrasi pengamanan di Jakarta. (Foto: Antara)
Bayu Marhaenjati / YUD Rabu, 29 Juli 2020 | 20:22 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, menyiapkan 28 pos pengamanan dan pengaturan lalu lintas arus mudik serta balik, terkait Hari Raya Iduladha, di Jakarta dan sekitarnya. Sebanyak 749 personel lalu lintas disiapkan untuk melakukan pengamanan, di jalan tol dan jalan arteri, mulai Kamis (30/7/2020) besok hingga Minggu (2/8/2020) mendatang.

"Khusus dalam menghadapi libur Iduladha yang jatuh hari Jumat, dan kita perkirakan pada hari Kamis sore nanti sudah ada peningkatan arus lalin untuk mudik, serta pengamanan pada arus balik pada Minggu siang sampai dengan minggu malam, maka dari Ditlantas Polda Metro Jaya menyiapkan 28 pos pengamanan," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo, Rabu (29/7/2020).

Sambodo menyebutkan, terkait arus mudik pengamanan lalu lintas di jalur tol dilakukan mulai dari Gerbang Tol Cikunir, kemudian Rest Area KM 19, KM 33, KM 39 Jalan Tol Jakarta-Cikampek, selanjutnya KM 13 Tol Kunciran arah Merak, dan Exit Tol Cibubur. Sementara, untuk arus balik pengamanan dilakukan di beberapa rest area semisal KM 6 Japek, di Cikunir, dan Karang Tengah.

"Kemudian ada juga pos pam yang kita petakan di jalan arteri non tol, seperti di Kedung Waringin itu perbatasan antara Kabupaten Bekasi dengan Karawang, kemudian di Bekasi Cyber Park, di perempatan Kalimalang, Kota Bekasi, termasuk di Jalan Kalimalang," ungkapnya.

Sambodo menambahkan, personel juga diploting di sejumlah terminal, stasiun dan pelabuhan. Termasuk, tempat-tempat keramaian dan wisata seperti Ragunan, Monas, TMII, Ancol, Kota Tua.

"Walaupun titik-titik ini (tempat wisata) tidak ada, masih ditutup, tapi kita tempatkan di situ untuk berjaga-jaga. Jumlah personel lalu lintas yang dilibatkan sebanyak 749 personel," katanya.

Rangkaian kegiatan, lanjut Sambodo, dimulai pada Kamis sore. Polantas akan melakukan kegiatan bersama personel lain terkait pengamanan malam takbiran. Kendati sudah ada imbauan tidak melaksanakan takbir keliling, namun personel tetap melakukan antisipasi dan penjagaan.

"Esok harinya pelaksanaan Salat Id dan pemotong hewan kurban. Nanti kita datakan situasi terakhir terkait Shalat Ied ini, mungkin masih ada beberapa tempat yang melaksanakan, termasuk pemotongan hewan kurban di pinggir jalan, kita khwatirkan ada kerumunan dan sebagainya itu nanti kita akan tempatkan anggota," jelasnya.

Sambodo menuturkan, perihal skenario lalu lintas, pihaknya akan berupaya supaya situasi tetap normal. Namun, apabila terjadi kepadatan polisi bakal memberlakukan sejumlah rekayasa arus lalu lintas.

"Misalnya arus meninggalkan Jakarta menuju ke Timur itu terjadi kepadatan, tidak mampu ditampung di elevated atau di elevated ada trouble, karena di situ tidak ada jalan ke luar, ada kecelakaan yang mengakibatkan tertutupnya jalan tol elevated, maka skenario kedua kita akan coba nanti melaksanakan contra flow. Kalau ternyata contra flow juga nggak bisa menolong, skenario terakhir tentu kita akan melaksanakan one way," katanya.

Pelaksanaan contra flow atau one way, lanjut Sambodo, akan dikoordinasikan dengan Korlantas Polri karena berkaitan dengan wilayah perbatasan. Semisal ke arah Bogor dan Karawang dengan Polda Jawa Barat atau wilayah Kabupaten Tangerang, Polda Banten.

"Tapi intinya kita siap dan kita juga sudah koordinasi dengan pihak Jasamarga bahwa kami punya kewenangan untuk melaksanakan buka-tutup di rest area. Kalau misalnya ternyata antrean untuk mengisi bensin, beristirahat di area KM 19 membludak sehingga menutup arus ke arah Timur, tentu kita akan melaksanakan buka-tutup. Termasuk, ada Parking Bay sebelah kiri jalan yang memang bisa saja itu mengganggu arus lalin kita akan melaksanakan buka-tutup untuk kemudian kita akan melancarkan arus sehingga masyarakat yang akan melaksanakan mudik atau liburan Iduladha tidak terganggu," tandasnya.



Sumber: BeritaSatu.com