Arus Balik Melalui Bandara Soetta Meningkat

Arus Balik Melalui Bandara Soetta Meningkat
Sejumlah penumpang bersiap memasuki pesawat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, Jumat (10/7/2020). Di massa tatanan normal baru, lalu lintas penerbangan di bandara Soekarno-Hatta pada periode 1-5 Juli 2020 rata-rata sebanyak 355 penerbangan per hari atau naik dibandingkan periode yang sama bulan lalu rata-rata 243 penerbangan per hari. (Foto: Beritasatu Photo / Mohammad Defrizal)
Chairul Fikri / JAS Minggu, 2 Agustus 2020 | 23:05 WIB

Tangerang, Beritasatu.com - PT Angkasa Pura II selaku Operator Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten mengaku ada peningkatan jumlah penumpang di masa arus balik liburan Iduladha 1441 H yang terjadi hari Minggu (2/8/2020) ini.

Namun demikian hingga berita ini diturunkan belum ada perhitungan yang pasti terkait peningkatan jumalah penumpang yang tiba di Bandara Soetta hari ini karena mengunggu akumulasi hingga pukul 00.00 WIB. Hal itu diungkapkan Senior Manager Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, Febri Toga Simatupang saat dihubungi tim Beritasatu.com, Minggu (2/8/2020) sore.

"Sejauh ini pantauan kami memang ada peningkatan jumlah penumpang yang tiba di Bandara Soetta hingga Minggu sore. Namun peningkatannya berapa persen kita belum bisa hitung karena masih menunggu akumulasi hingga pukul 00.00 WIB nanti malam. Namun berdasarkan pantauan kami memang ada beberapa rute yang meningkat jumlah penumpangnya yakni dari rute Surabaya, Kualanamu (Medan), Ujung Pandang (Makassar), Denpasar (Bali) dan dari Semarang," ungkap Febri Toga.

Ditambahkan pihak AP II memang terus berupaya melakukan pengawasan ketat terhadap penumpang yang turun di Bandara Soetta termasuk pengawasan terhadap protokoler kesehatan yang diwajibkan bagi penumpang pesawat yang turun dibandara Soetta.

"Kita mengoperasikan secara optimal moda transportasi baik melalui Bus Bandara, Kereta Bandara hingga taksi dari bandara Soetta ke wilayah tujuan penumpang. Dan pastinya kami terus berupaya melakukan pengawasan kepada penumpang agar tetap menjalankan protokol kesehatan selama di area bandara. Kami juga rutin melakukan penyemprotan disinfektan sehari dua kali ditempat-tempat yang kerap digunakan penumpang saat ada di area bandara," tandasnya.

Sebelumnya, PT Angkasa Pura II selaku operator Bandara Soekarno Hatta Tangerang Banten mencatat ada kenaikan jumlah penumpang pesawat di masa arus mudik lebaran Iduladha antara tanggal 28-30 Juli 2020 yakni sebesar 31 persen dari jumlah hari biasa selama pandemi Covid-19. Sedangkan pergerakan pesawat di tanggal 28-30 juli 2020 juga meningkat sebesar 13 persen.



Sumber: BeritaSatu.com