43 Positif Covid-19 Klaster Keluarga Kota Bogor Tertular dari OTG
Logo BeritaSatu

43 Positif Covid-19 Klaster Keluarga Kota Bogor Tertular dari OTG

Senin, 24 Agustus 2020 | 14:39 WIB
Oleh : Vento Saudale / WM

Bogor, Beritasatu.com - Kota Bogor melaporkan 157 pasien positif Covid-19 di Kota Bogor berasal dari 43 klaster keluarga. Sebagian besar pasien positif itu terpapar dari pasien tanpa gejala (OTG) yang menjadi corona carrier.

Hal itu dikatakan Wali Kota Bogor Bima Arya saat kunjungan ke SDN Genteng, Bogor Selatan, Kota Bogor, Senin (24/8/2020). Ia menilai, panambahan kasus klaster rumah tangga di Kota Bogor saat ini dalam kondisi mengkhawatirkan.

Ia menyebut, dari 43 kasus klaster keluarga dengan pasien hampir 200 itu sebagian besar terpapar dari orang tanpa gejala, beraktivitas di luar rumah dan menjadi corona carrier atau penyebar virus di dalam keluarga.

"Hampir 90 persen penularan dari OTG. Kalau kita pelajari polanya, lansia dan anak-anak di dalam rumah tidak kemana-mana. Penularan itu tertular dari orang yang produktif di luar dibawa ke dalam rumah. Jadi menulari orang yg didalamnya," papar Bima.

Bima pun menyadari, informasi terkait bagaimana sosialisasi protokol kesehatan bagi orang yang mobilitasnya tinggi di luar rumah belum sepenuhnya sampai langsung kepada keluarga. Sehingga, ketika orang sudah merasa seolah normal, padahal orang itu sudah menularkan kepada beberapa orang.

Ke depan, kata Bima, Pemkot Bogor lebih masih melakukan sosialisasi mulai dari tingkat RT dan RT. Setiap lurah hingga camat diminta harus mengetahui aktivitas setiap warga, khususnya yang mobilitasnya tinggi.

Pun kasus di Kota Bogor semakin tinggi, Bima tidak mau gegabah untuk mengembalikan status kota dari PSBB pra AKB ke PSBB sedia kala. Ia menyebut, akan mengkombinasikan PSBB dengan sistem zonasi parsial.

"Tidak hanya petugas, kita libatkan juga warga melalui komunitas-komunitas mulai dari karang taruna, PKK, anak muda semua berperan serta kampanye ke situ," tambahnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melaporkan penambahan satu klaster rumah tangga dari 12 kasus baru positif Covid-19. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor, Sri Nowo Retno menuturkan, berdasarkan laporan Minggu (23/8), terdapat penambahan 12 kasus baru pasien terinfeksi Covid-19.

Dari jumlah itu, delapan orang merupakan satu keluarga atau penularan dari rumah tangga. Sisanya, empat orang terpapar masuk dalam kategori imported cases.

"Dari 43 klaster Keluarga dengan total terkonfirmasi positif sebanyak 157 orang ber-KTP Kota Bogor dan 9 orang ber-KTP Kabupaten Bogor," jelas Retno.

Retno merincikan, dari total 491 kasus terkonfirmasi positif di Kota Bogor. Sebanyak 157 kasus dari klaster rumah tangga, 127 kasus dari klaster luar Kota Bogor, 75 kasus dari non-klaster, 58 kasus klaster dari fasilitas kesehatan, 27 kasus dari klaster perkantoran, 22 kasus klaster kegiatan keagamaan, 14 kasus klaster pertokoan, 8 kasus klaster pasar tradisional dan 3 kasus klaster transportasi.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

BPTJ Sediakan Bus Bantuan Gratis di Bogor Sampai Desember

BPTJ memastikan ketersedian bus gratis di Stasiun Bogor hingga Desember 2020.

MEGAPOLITAN | 24 Agustus 2020

Tim Puslabfor Cek Konstruksi Bangunan Kejagung

Tim Puslabfor Polri melakukan pengecekan konstruksi bangunan sebelum melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP)di Kejagung

MEGAPOLITAN | 24 Agustus 2020

Jaksa Agung Sementara Berkantor di Gedung Diklat Ragunan

Jaksa Agung, Wakil Jaksa Agung, dan Jaksa Agung muda Bidang Pembinaan untuk sementara menempati gedung Diklat Kampus A di Ragunan, Jakarta Selatan.

MEGAPOLITAN | 24 Agustus 2020

Polisi: Pelaku Pembunuhan Pengusaha Pelayaran Lebih dari 2 Orang

Pelaku pembunuhan Sugianto terdiri lebih dari dua orang.

MEGAPOLITAN | 24 Agustus 2020

Periksa 19 Saksi, Polisi Gali Asal Sumber Api Kebakaran Kejagung

Polisi telah memeriksa 19 saksi untuk meminta keterangan dari mana asal api kebakaran Gedung Kejaksaan Agung, di Jalan Sultan Hasanudin Dalam, Jakarta Selatan.

MEGAPOLITAN | 24 Agustus 2020

Klaster Rumah Tangga Kota Bogor Bertambah Jadi 43 Keluarga

Dari 43 klaster keluarga dengan total terkonfirmasi positif sebanyak 157 orang ber-KTP Kota Bogor dan 9 orang ber-KTP Kabupaten Bogor.

MEGAPOLITAN | 24 Agustus 2020

Olah TKP Kebakaran Gedung Kejagung Digelar Hari Ini

Penyidik telah melakukan pengecekan.

MEGAPOLITAN | 24 Agustus 2020

Covid-19 Terus Meningkat, Kota Depok Ingatkan Pentingnya Personal Lockdown

Tercatat kasus terkonfirmasi positif bertambah 25 orang.

MEGAPOLITAN | 24 Agustus 2020

Pascalibur Panjang, Kondisi Sejumlah Stasiun KRL Kondusif

Hingga pukul 07.00 WIB pagi, pengguna kereta rel listrik (KRL), mencapai 75.693 pengguna.

MEGAPOLITAN | 24 Agustus 2020

Polisi Tangkap Penembak Bos Pelayaran

Yusri belum menjelaskan ada berapa orang yang ditangkap, termasuk kronologi dan identitasnya.

MEGAPOLITAN | 24 Agustus 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS