DKI Siapkan Mobile Lab untuk Tes PCR Keliling
Logo BeritaSatu

DKI Siapkan Mobile Lab untuk Tes PCR Keliling

Selasa, 1 September 2020 | 22:11 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan dan Labkesda Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi bersama Human Initiative dan Agile innovation (Ai) Labs menangani pandemi Covid-19 dalam menghadirkan mobil laboratorium atau Mobile Lab. Kolaborasi ini mendapat dukungan pendanaan dari Nama Foundation.

Kepala Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi DKI Jakarta, Endra Muryanto mengatakan, inovasi mobil laboratorium tersebut dihadirkan untuk membantu mempercepat penanganan pemeriksaan Covid-19 menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) di ibu kota.

"Jadi Mobile Lab ini nanti siap untuk melakukan pemeriksaan PCR. Kapasitas tes maksimal per hari 300 sampel. Sampelnya nanti begitu di-swab kemudian dilakukan pemeriksaan di dalam laboratorium. Kemudian di Mobile Lab ini akan ada proses mixed PCR, dan ekstraksi sampel yang di ruangannya pun sudah negative pressure," ujar Endra dalam keterangannya, Selasa (1/9/2020).

Endra menjelaskan, terdapat tiga buah Mobile Lab yang akan selesai dan siap beroperasi pada minggu ke-4 akhir bulan September mendatang. Endra berharap, hadirnya mobil laboratorium tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan tes Covid-19 di DKI Jakarta.

"Adapun lokasi, jadwal keliling mobil, serta persyaratan bagi warga yang akan melakukan pemeriksaan di Mobile Lab tersebut akan diinformasikan setelah mobil telah memenuhi syarat uji laboratorium," ungkap dia.

Sementara itu, Senior General Manager Project Manajemen Human Initiative, Ferry Suranto menambahkan, kesiapan Mobile Lab tersebut telah mencapai tahap 80 persen. Semua peralatan laboratorium telah disesuaikan dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ditentukan dan membantu menghadirkan laboratorium pendamping di DKI Jakarta.

"Mobile Lab ini nanti fungsinya seperti laboratorium keliling, untuk menjangkau tempat-tempat yang ditemukan kasus lebih banyak. Sehingga dapat mendukung dari laboratorium yang sudah ada. Jadi ketika ditemukan kasus dan memang penyebaran orangnya ada disana, kita akan datangi wilayah-wilayah yang berpotensi kasus baru tersebut," pungkas Ferry.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Spesialis Curanmor Dibekuk di Bekasi Setelah Beraksi Ratusan Kali

Komplotan pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dibekuk anggota Reskrim Polsek Medansatria, Polrestro Bekasi Kota.

MEGAPOLITAN | 1 September 2020

Anies: Semua yang Positif Covid-19 Wajib Isolasi di Fasilitas Pemerintah

Ke depan, kata Anies, tidak ada lagi isolasi mandiri bagi orang yang positif Covid-19 namun tanpa gejala atau gejala ringan.

MEGAPOLITAN | 1 September 2020

Diundang Tukar Bilyet, Nasabah Indosurya Berdatangan di Grha Surya

Puluhan nasabah KSP Indosurya berdatangan ke Gedung Grha Surya di Jalan Karet Karya, Kuningan Jakarta Selatan, Selasa (1/9/2020).

MEGAPOLITAN | 1 September 2020

Pemkot Tangerang Pertimbangkan Jam Malam untuk Cegah Covid-19

Kalau masyarakatnya beraktivitas membatasi kerumunan, Pemkot Tangerang tidak lakukan jam malam. Tapi kalau masih bandel, Pemkot terpaksa menerapkan jam malam.

MEGAPOLITAN | 1 September 2020

Pelaku Usaha Depok Khawatir Dampak Ekonomi Jam Malam

Yudi, salah satu pelaku usaha kafe di Depok, mengaku harus melakukan pengurangan karyawan akibat pembatasan jam operasional tersebut.

MEGAPOLITAN | 1 September 2020

Tangkap 2 Pengedar, Polisi Sita 200 Kilogram Ganja

Pengungkapan barang bukti ganja sebanyak 200 kilogram ini, bisa menyelamatkan kurang lebih 1 juta jiwa.

MEGAPOLITAN | 1 September 2020

Kasus Positif Covid-19 Naik 32,9%, Lima Provinsi Berkontribusi Besar

Dalam satu pekan ini, angka kasus pasien positif Covid-19 mengalami kenaikan mencapai 32,9 persen. Lima provinsi berkontribusi besar dalam kenaikan ini.

MEGAPOLITAN | 1 September 2020

Dinkes DKI: Ketersediaan Tempat Tidur Pasien Covid-19 Cukup

Dinkes DKI akan merekrut SDM dan diharapkan minggu depan sudah ada 1.800 tenaga yang sudah siap.

MEGAPOLITAN | 1 September 2020

Depok Jadi Kota Penularan Covid-19 Tertinggi di Jawa Barat

Depok di peringkat pertama dengan skor 1,66 dalam skoring penilian risiko penularan Covid-19 di 27 kota/kabupaten di Jawa Barat.

MEGAPOLITAN | 1 September 2020

Belum Ada Keterlibatan Sipil dalam Penyerangan Mapolsek Ciracas

Tim gabungan TNI-Polri masih terus menyelidiki kasus penyerangan dan perusakan di Mapolsek Ciracas.

MEGAPOLITAN | 1 September 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS