PSBB Total Berlaku, Kegiatan Produktif Terapkan Protokol Ketat
Logo BeritaSatu

PSBB Total Berlaku, Kegiatan Produktif Terapkan Protokol Ketat

Kamis, 10 September 2020 | 22:13 WIB
Oleh : Dina Manafe / EAS

Jakarta, Beritasatu.com - DKI Jakarta kembali memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) secara total, bukan PSBB transisi, mulai 14 September 2020. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan, kegiatan-kegiatan produktif akan tetap dilakukan, tetapi dengan protokol kesehatan ketat.

Pemerintah juga terus mendorong sektor produktif tetap berjalan, tetapi dengan menjaga protokol pengendalian Covid-19.

"Pemerintah mendorong kampanye jaga jarak dan menghindari kerumunan atau pun terkait kegiatan pilkada ke depan. Untuk pekerja di kantor pemerintah tetap berjalan sesuai dengan peraturan yang diterbitkan oleh Kementerian PAN-RB,” kata Airlangga di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (10/9/2020).

Salah satu solusi yang akan diterapkan adalah mengubah sistem kerja aparatur sipil negara (ASN) berdasarkan zona risiko. Pemerintah akan mengatur mengenai work from home (WFH) atau bekerja dari rumah dan work from office (WFO) atau bekerja dari kantor. Pekerja perkantoran disiapkan untuk bekerja secara fleksibel. Jadi akan diatur persentase yang bekerja dari rumah, dan yang bekerja di kantor.

Berdasarkan Surat Edaran Menpan RB pada 4 September 2020, WFO untuk instansi pemerintah yang berada pada zona kabupaten/kota tidak terdampak atau tidak ada kasus, maka persentase WFO bisa 100%. Instansi pemerintah yang berada pada zona kabupaten/ kota risiko rendah persentase WFO 75%. Sedangkan intansi pemerintah yang berada di zona risiko sedang, persentase WFO 50%, dan intansi pemerintah di zona risiko tinggi WFO cukup 25%.

Sementara guna memastikan aturan PSBB dipatuhi, pemerintah akan menggelar operasi yustisi, yaitu operasi mengetatkan kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi ketentuan PSBB.

Koordinasi
Airlangga juga mengatakan, hari ini pihaknya melakukan rapat koordinasi terkait pemberlakukan PSBB total tahap kedua ini. Rapat koordinasi ini dihadiri antara lain Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN) bersama delapan gubernur termasuk Gubernur DKI Jakarta dan Gubernur Jawa Barat, empat menko, menteri keuangan, mendagri, menteri BUMN, Wakapolri dan Wakasad.

Hasil rapat koordinasi ini disepakati bahwa pemerintah akan menyeimbangkan antara kegiatan yang terkait dengan pencegahan penyebaran Covid-19 dan juga mempertimbangkan pemulihan perekonomian nasional.

Pemerintah juga mempertimbangkan penambahan jumlah kasus positif, dan juga angka kesembuhan yang tinggi. Dari data KPCPEN, grafik penambahan kasus positif di DKI Jakarta terlihat meningkat tajam sejak diberlakukan PSBB transisi.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Tekan Penyebaran Corona, Polres Metro Bekasi Kota Bagikan 75.000 Masker

Pembagian masker diharapkan dapat menekan penyebaran Covid-19 di Kota Bekasi.

MEGAPOLITAN | 10 September 2020

Terkait Penerapan PSBB, Hipmi Jaya: Imbasnya Berat, tetapi Harus Dijalankan

Hipmi Jaya tetap mendukung PSBB dan siap menjalankan keputusan Pemprov DKI Jakarta untuk kebaikan bersama.

MEGAPOLITAN | 10 September 2020

Soal Penutupan Mal, Pemkot Depok Tunggu Perintah Gugus Tugas

Mal di Kota Depok baru mulai dibuka kembali pada tanggal 16 Juni 2020 dan belum dipastikan apakah kena imbas PSBB total yang akan diberlakukan kota Jakarta.

MEGAPOLITAN | 10 September 2020

Bodetabek Waspadai Eksodus Warga Jakarta

Para kepala daerah di Bodetabek dan Karawang diminta mewaspadai eksodus warga keluar dari Jakarta akibat penerapan PSBB di Ibu Kota.

MEGAPOLITAN | 10 September 2020

Masih Zona Oranye, Kota dan Kabupaten Bogor Perpanjang PSBB

Kabupaten Bogor memperpanjang PSBB hingga 29 September, sedangkan Kota Bogor perpanjang pembatasan sosial mikro dan komunitas (PSMK) hingga Minggu 13 September.

MEGAPOLITAN | 10 September 2020

Disnaker DKI Masih Kaji Sanksi Kantor Pelanggar PSBB

Menurut Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 79 Tahun 2020, sanksi untuk pelaku usaha mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 150 juta.

MEGAPOLITAN | 10 September 2020

Jakarta PSBB Total Lagi, Begini Respons Mal dan Tempat Hiburan

Sejumlah pusat perbelanjaan dan tempat wisata sudah mulai merespons terkait kebijakan Pemprov DKI Jakarta untuk menerapkan kembali PSBB total.

MEGAPOLITAN | 10 September 2020

Terapkan Kembali PSBB, Anies Ikuti Arahan Presiden Jokowi

Sejalan dengan arahan Jokowi, Pemprov DKI memprioritaskan kesehatan untuk ditangani segera.

MEGAPOLITAN | 10 September 2020

Sektor Usaha di Kota Bekasi Tidak Terpengaruh PSBB Jakarta

Pemkot Bekasi menjamin, kegiatan perkantoran, pelaku industri, mal, maupun pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tetap beroperasi.

MEGAPOLITAN | 10 September 2020

7 dari 67 RS Rujukan Covid-19 di DKI Sudah Penuh

Sebanyak tujuh RS rujukan Covid-19 sudah penuh, 46 kapasitasnya di atas 60 persen, dan 14 masih di bawah 60 persen.

MEGAPOLITAN | 10 September 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS