Hanya Sanggup Periksa 100 Sampel Per Hari, Tangsel Minta Bantuan Lab PRC Keliling
Logo BeritaSatu

Hanya Sanggup Periksa 100 Sampel Per Hari, Tangsel Minta Bantuan Lab PRC Keliling

Sabtu, 3 Oktober 2020 | 20:49 WIB
Oleh : Chairul Fikri / JAS

Tangerang Selatan, Beritastu.com - Pemerintah Kota Tangerang mengharapkan bantuan berupa mobil laboratorium polymerase chain reaction (PCR) Keliling karena Labkesda Kota Tangerang Selatan hanya mampu memeriksa sampel maksimal 100 per hari. Adanya mobil PCR keliling diharapkan bisa mempercepat dan memperbanyak pemeriksaan sampel.

Meningkatnya jumlah pasien Covid-19 yang positif, membuat Pemkot Tangerang Selatan kini mengintensifkan tracing untuk mendata siapa saja yang terpapar virus tersebut.

Hal tersebut membuat Laboratorium Kesehatan Daerah yang menjadi tempat pemeriksaan sample pasien kebanjiran tugas. Padahal dalam sehari, Labkesda Tangerang Selatan itu hanya mampu memeriksa 100 sampel saja.

Hal itu membuat Pemkot Tangerang Selatan meminta bantuan pihak Provinsi Banten dan pusat untuk membantu mereka dengan menyediakan mobil laboratorium PCR Keliling untuk membantu mereka. Hal itu diungkapkan Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Allin Hendarlin Mahdaniary, saat dihubungi media, Sabtu (3/10/2020).

"Sementara ini, Labkesda Kota Tangerang Selatan sendiri hanya mampu menampung pemeriksaan sampel 50-100 per hari. Kami bersyukur selama ini ada laboratorium pemerintahan yang mereka baik hati membantu kita. Contohnya mikro UI, kita bisa kirim sampel 50 per hari. Litbangkses 100 sampel per hari. Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Banten sehari kita bisa kirim 100 sampel. Terus ke BPPTKL di Bambu Apus 100 sampel per hari," ungkap Allin.

Allin menambahkan, saat ini dalam sehari ada 300 spesimen yang diberikan kepada Pemerintah melalui Lakesda Tangerang Selatan. Namun hanya sedikit yang bisa tertampung, sehingga butuh 7-14 hari hasil sampelnya bisa keluar.

"Dengan anggaran terbatas Pemkot Tangerang Selatan saat ini belum sanggup menambah kapasitas Laboratorium PCR-nya. Dan Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) telah mengajukan pengadaan unit keliling yang harganya sekitar Rp 8 miliar," tambahnya.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan mengaku untuk mengatasi kendala pemeriksaan sampel yang hanya bisa menampung jumlah terbatas, mereka juga telah mengajukan permintaan bantuan penyediaan mobil Laboratorium PCR Keliling.

"Kami tawarkan ke ibu (walikota) solusinya, mungkin kita harus menyiapkan laboratorium PCR mobil. Nanti kita sedang membanding-bandingkan dahulu apakah mau beli mobil PCR Keliling atau menambah alat buat di Labkesda. Sejauh ini kita masih mengupayakan memaksimalkan yang ada dahulu sambil menunggu bantuan atau membeli sendiri alatnya," tandasnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN




BERITA LAINNYA

Melanggar PSBB, 40 Tempat Usaha di Jaktim Ditutup

Sebanyak 40 tempat usaha di Jakarta Timur berhenti beroperasi setelah ditutup sementara karena melanggar aturan PSBB.

MEGAPOLITAN | 3 Oktober 2020

Wagub DKI: Kami Berikan Pelayanan Terbaik untuk Pasien Covid-19

Riza Patria memastikan para pasien dilayani dengan baik dengan fasilitas dan alat-alat kesehatan terbaik yang dimiliki oleh rumah sakit.

MEGAPOLITAN | 3 Oktober 2020

Wagub DKI Ungkap Manfaat Pemasangan Stiker Isolasi Covid-19

Menurut Ahmad Riza Patria pemasangan stiker isolasi mandiri di rumah pasien Covid-19 agar pelayanan bisa dilakukan dengan lebih baik.

MEGAPOLITAN | 3 Oktober 2020

Ridwan Kamil Usulkan Pembentukan Satgas Covid-19 untuk Jabodetabek, Pemprov DKI: Nanti Kita Putuskan Bersama Pemerintah Pusat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyambut baik usulan dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk membentuk Satgas Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek.

MEGAPOLITAN | 3 Oktober 2020

Begini Cara Le Minerale Dukung Gerakan Ekonomi Sirkular

Le Minerale bersama Adupi dan Satuan Radar 211 TNI AU melakukan aksi bersih pantai Tanjung Kait, Tangerang, Banten.

MEGAPOLITAN | 3 Oktober 2020

Pemkot Bogor Gandeng Mayora Group Tata Kawasan Kuliner GOR Pajajaran

Teh Pucuk Harum Food Street Dispora GOR Pajajaran adalah kawasan kuliner yang sudah di renovasi sedemikian rupa hingga menjadi sebuah area kuliner yang layak.

MEGAPOLITAN | 3 Oktober 2020

Wagub DKI Ungkap Alasan Rumah Pasien Isolasi Terkendali Wajib Pasang Stiker

Wakil DKI ungkapkan alasan pihaknya wajibkan rumah pasien yang menjalankan isolasi terkendali memasang penanda seperti stiker di rumahnya.

MEGAPOLITAN | 3 Oktober 2020

DKI Ingatkan Potensi Hujar Disertai Petir pada Sabtu Malam

DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini atas potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dalam durasi singkat di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

MEGAPOLITAN | 3 Oktober 2020

Wagub DKI: Tak Ada Alasan Anggap Covid-19 Tidak Ada

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) meminta warga agar yakin dan percaya bahwa Covid-19 benar-benar ada.

MEGAPOLITAN | 3 Oktober 2020

Ini 15 Syarat Hotel Bisa Jadi Tempat Isolasi Terkendali

Diatur dalam Keputusan Gubernur No 980/2020.

MEGAPOLITAN | 3 Oktober 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS