Anies Sebut 3 Penyebab Banjir di Jakarta
Logo BeritaSatu

Anies Sebut 3 Penyebab Banjir di Jakarta

Rabu, 4 November 2020 | 17:59 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengungkapkan, terdapat 3 penyebab banjir yang terus melanda wilayah DKI Jakarta.

"Pertama, hujan lokal yang intensitasnya tinggi. Bila curah hujan lokal intensif maka di situ muncul potensi terjadi genangan dan banjir,” ujar Anies dalam Apel Kesiapsiagaan Mengahadapi Musim Hujan di lapangan JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (4/11/2020).

Anies menjelaskan, potensi genangan dan banjir di Jakarta terjadi jika curah hujan lokal di atas 100 milimeter (mm). Pasalnya, kapasitas rata-rata penampungan sistem drainase di Jakarta berada di ambang batas 100 mm. Jika curah hujannya di bawah angka 100 mm, maka Jakarta dipastikan aman dari banjir.

"Namun, apabila curah hujan berada di angka di atas 100, seperti pada awal tahun ini di Bulan Januari kita mengalami curah hujan sebesar 377 mm per hari. 3,7 kali lipat dari kapasitas yang dimiliki sehingga mau tidak mau air akan tergenang, terjadilah banjir,” tuturnya.

Penyebab kedua, lanjut Anies, hujan lebat di kawasan pegunungan sehingga airnya akan mengalir ke pesisir termasuk ke Jakarta yang lokasinya berada di pesisir. Inilah yang disebut banjir kiriman.

Anies mengatakan, DKI Jakarta biasanya memiliki waktu untuk bersiap menghadap banjir kiriman dari pegunungan karena perjalanan air tersebut dari Bendung Katulampa sampai ke Jakarta membutuhkan waktu 9 jam.

"Banjir ini kita memiliki waktu untuk bersiap karena perjalanan air dari Bendung Katulampa sampai Jakarta sekitar 9 sampai 10 jam, 3 jam sampai Depok, 6 jam dari pintu Depok sampai Manggarai. Ini adalah masa persiapan yang harus kita lakukan bila di kawasan pegunungan terjadi hujan yang amat lebat,” terang dia.

Penyebab ketiga, kata Anies, adalah banjir akibat permukaan air laut yang meninggi di kawasan yang permukaan tanahnya menurun. Kondisi ini, menyebabkan terjadinya rob.

Selain menjelaskan penyebab banjir, Anies juga menuturkan 2 indikator atau ukuran keberhasilan jajarannya dan relawan dalam menangani banjir di Jakarta. Pertama, memastikan seluruh warga DKI Jakarta selamat dari banjir atau tidak ada korban banjir.

"Indikator kedua adalah genangan bisa surut dalam waktu kurang dari 6 jam, tanggung jawab kita menyiapkan seluruh kekuatan untuk bisa mengeringkan dalam waktu kurang dari 6 jam,” pungkas Anies.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Terkait Kepulangan Habib Rizieq, Bandara Soetta Tingkatkan Penjagaan

Polres Bandara Soetta akan meningkatkan penjagaan di Bandara bila memang ada perkembangan lebih lanjut terkait kepulangan Habib Rizieq pekan depan.

MEGAPOLITAN | 4 November 2020

Rizieq Dikabarkan Pulang, Polisi Sebut Tidak Ada Pengamanan Khusus

Polda Metro Jaya menyatakan tidak ada pengamanan khusus terkait kepulangan Rizieq tersebut.

MEGAPOLITAN | 4 November 2020

Lemkapi: Kebijakan Operasi Zebra 2020 Tanpa Tilang Diapresiasi Masyarakat

Tindakan persuasif dan humanis Polantas saat ini disambut positif masyrakat mengingat saat ini adalah masa pandemi Covid-19

MEGAPOLITAN | 4 November 2020

Anies Ingatkan 3 Kunci Utama Penanganan Banjir di Jakarta

Anies meminta jajarannya tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dalam penanganan banjir di Jakarta.

MEGAPOLITAN | 4 November 2020

Lagi, Pemkot Bekasi Perpanjang AdaptasiTatanan Hidup Baru

Pemkot Bekasi terus melakukan pengawasan dan pencegahan penularan Covid-19 terhadap pengelola, pelaku usaha, pedagang, dan konsumen.

MEGAPOLITAN | 4 November 2020

Pencarian 3 Hari, Bocah Tenggelam di Kali Bekasi Ditemukan

Tubuh korban ditemukan sekitar 6 km dari titik korban tenggelam.

MEGAPOLITAN | 4 November 2020

Ajak Murid Pilih Ketua OSIS Seagama, Oknum Guru Dipolisikan

Wakapolres Jakarta Timur AKBP Stefanus Tamuntuan membenarkan, polisi telah menerima laporan polisi terkait perkara berbau SARA itu.

MEGAPOLITAN | 4 November 2020

Kompak, Kakak Beradik Edarkan 3 Paket Besar Sabu-sabu

Pada saat hendak ditangkap kedua pelaku sempat berupaya melarikan diri, tetapi berhasil digagalkan karena anggota sudah mengepung lokasi.

MEGAPOLITAN | 4 November 2020

Logistik Pilkada Depok Mulai Berdatangan

Sejak awal KPU Kota Depok telah mempersiapkan dan merencanakan pengelolaan logistik pilkada ini dengan standar operasional prosedur.

MEGAPOLITAN | 4 November 2020

Apel Antisipasi Banjir, Anies: Genangan Harus Surut dalam 6 Jam

Anies meminta seluruh stakeholder bahu-membahu.

MEGAPOLITAN | 4 November 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS