Swasta Tidak Bisa Melakukan Konsensi Tanpa Izin Pemilik Lahan
Logo BeritaSatu

Swasta Tidak Bisa Melakukan Konsensi Tanpa Izin Pemilik Lahan

Senin, 9 November 2020 | 08:58 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Swasta atau mitra Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tidak bisa melakukan perjanjian konsensi atas lahan yang dimiliki BUMN tanpa ada persetujuan dari pemilik lahan yakni negara yang diwakili BUMN.

Hal itu dikemukakan ahli hukum tata negara Margarito Kamis menanggapi kisruh yang dihadapi PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN) dengan anak usahanya yakni PT Karya Citra Nusantara (KCN) dalam pengelolaan kawasan Pelabuhan Marunda. KCN yang merupakan anak usaha KBN dengan mitra swastanya yakni PT Karya Teknik Utama (KTU) telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan KSOP V Marunda untuk 70 tahun.

"Tidak boleh KCN melakukan perjanjian konsensi lahan dengan pihak lain tanpa izin dari pemilik lahan yakni KBN. Itu tegas ada aturannya. KBN harus menghentikan tindakan yang telah dilakukan KCN agar tidak menimbulkan kerugian negara," ujar Margarito, Minggu (8/11/2020).

Margarito mengatakan bahwa KBN dapat memintakan ke pengadilan untuk membatalkan perjanjian yang telah dibuat oleh anak usaha dengan mitra usahanya itu.

"KBN juga perlu memaparkan hal ini kepada komisi di DPR yang membawahi untuk mendapatkan dukungan secara politik. Jadi dua jalur ditempuh, hukum dan politik. Seharusnya posisi KBN sebagai BUMN mendapatkan dukungan. Dan bukan sebaliknya, swasta yang mendapatkan keistimewaan," ujarnya.

Margarito bahkan mempertanyakan berlarutnya kasus yang terjadi bertahun-tahun ini tanpa penyelesaian yang memadai. Oleh karena itu ia mengharapkan adanya perhatian dari pihak pemerintah dan DPR atas kasus yang berpotensi merugikan negara dan juga menghilangkan aset negara.

Sebelumnya, KBN melalui Sekretaris Perusahaannya GA Gunadi mengatakan PT KCN menggunakan aset KBN (dengan melakukan konsesi) tanpa alas hukum dan tanpa izin persetujuan Menteri BUMN, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, dan tanpa perubahan Kepres 11 tahun 1992 yang mengatur Penunjukan dan Penetapan Wilayah Usaha PT KBN.

Gunadi memastikan, sebagai pemilik lahan, KBN tidak pernah memberikan izin bagi KCN (selaku anak perusahaan yang dibentuk PT KBN) untuk melakukan kerja sama konsensi dengan pihak lain. Selain itu, Gunadi mengatakan bahwa sejak 2015 hingga 2019, KCN belum pernah mengadakan RUPS pertanggungjawaban keuangan dan pengelolaan perusahaan.

KCN juga tidak membuat RKAP tahun 2016, 2017, 2018, 2019 dan 2020 sehingga tidak ada penyelenggaraan RUPS pengesahaan RKAP. Hal ini menunjukan bahwa tidak ada persetujuan yang diberikan oleh KBN sebagai pemegang saham atas tindakan yang dilakukan oleh direksi KCN.

Kerja sama dengan KSOP V Marunda juga dinilai menyalahi aturan Permenhub RI Nomor PM 15 Tahun 2015 tentang Konsesi dan Berntuk Kerja Sama antara Pemerintah dan Badan Usaha Pelabuhan (BUP).

Pasal 29 ayat 2 menyebutkan bahwa dalam hal penugasan/penunjukan BUP maka harus memenuhi ketentuan, lahan dimiliki oleh BUP. Pasal 29 ayat 3 menjelaskan, yang dimaksud lahan yang dimiliki adalah lahan yang nyata-nyata dimiliki dan dikuasai oleh BUP. Pasal 29 ayat 4 menjelaskan, lahan diserahkan haknya kepada penyelenggara Pelabuhan sebagai HPL sebelum perjanjian konsesi ditandatangani.

"Pada kenyataannya lahan tersebut tersebut belum memiliki sertifikat atas tanah sebagai bukti kepemilikan atas tanah, namun telah terbit perjanjian konsesi. Keppres 11 tahun 1992, PT KBN selaku BUMN memiliki mekanisme sesuai peraturan bila akan menyerahkan aset," tandas Gunadi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Polisi: Jeff Smith Pakai LSD 4 Lembar Sehari

Artis Sinetron Jeff Smith ditangkap karena kasus penggunaan narkoba jenis LSD atau acid.

MEGAPOLITAN | 9 Desember 2021

Sumur Resapan Jebol, DPRD Minta Kontraktor Ditindak Tegas

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan jajarannya harus lebih memperhatikan kualitas pengerjaan sumur resapan dan menindak tegas kontraktor yang lalai.

MEGAPOLITAN | 9 Desember 2021

Jababeka Raih Penghargaan dari Kemenperin

Kawasan Industri Jababeka di Cikarang meraih penghargaan Smart Industrial Estate di ajang Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI) 4.0 Award di Kemenperin.

MEGAPOLITAN | 9 Desember 2021

Sumur Resapan di Lebak Bulus Jebol, Mobil Terperosok

Sumur resapan yang jebol memicu kecelakaan yakni mobil terperosok di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

MEGAPOLITAN | 9 Desember 2021

Artis Jeff Smith Gunakan Narkoba Jenis Baru

Dia ditangkap karena penyalahgunaan narkoba jenis baru, lysergic acid diethylamide (LSD).

MEGAPOLITAN | 9 Desember 2021

Bertambah Kembali, Pasien Dirawat di Wisma Atlet Kemayoran

Jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat mengalami kenaikan.

MEGAPOLITAN | 9 Desember 2021

Sepekan Terakhir, Kota Bogor Nol Kasus Covid-19

Dalam satu pekan terakhir Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Bogor mencatat nol kasus dan tinggal 17 orang pasien dirawat.

MEGAPOLITAN | 9 Desember 2021

Hari Ini, Sebagian Jakarta Diguyur Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi pada Kamis (9/12/2021), sebagian wilayah Jakarta berpotensi diguyur hujan.

MEGAPOLITAN | 9 Desember 2021

KNKT: Kecelakaan Transjakarta, Tak Ada Unsur Sabotase

KNKT Soerjanto Tjahjono menilai, sejauh ini tidak ada unsur sabotase oleh pihak tertentu dalam kasus kecelakaan beruntun yang melibatkan bus Transjakarta.

MEGAPOLITAN | 9 Desember 2021

Mahasiswa Bantu TBM Bukdur Bercerita Input Koleksi Buku

Mahasiswa Universitas Yarsi membantu  Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Bukit Duri Bercerita untuk menginput koleksi buku.

MEGAPOLITAN | 8 Desember 2021


TAG POPULER

# Cynthiara Alona


# Omicron


# Kecelakaan di Ruas Semarang-Demak


# Hari Antikorupsi


# Ilham Habibie



TERKINI
Polisi: Jeff Smith Pakai LSD 4 Lembar Sehari

Polisi: Jeff Smith Pakai LSD 4 Lembar Sehari

MEGAPOLITAN | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings